Polres Ponorogo Gelar Apel Gabungan Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2022

Kapolres Ponorogo Catur menyematkan pita operasi kepada perwakilan yang sudah ditunjuk bahwa Operasi Keselamatan Semeru 2022 telah dimulai.

Beritatrends, Ponorogo – Polres Ponorogo menggelar upacara apel gabungan pasukan Operasi Keselamatan Semeru tahun 2022 Di halaman Mapolres setempat, Senen (1/3).

Dalam apel gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, SIK, MH,dihadiri Wakapolres Ponorogo Kompol Meiridiani, Pejabat Utama Polres Ponorogo, Kapolsek Jajaran dan diikuti sekitar 150 personil gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Dishub.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur menyampaikan bahwa apel gelar gabungan tersebut dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1442 H tahun 2022 ditengah pandemi virus Covid-19 Di wilayah Hukum Polres Ponorogo.

“Pelaksanaan operasi keselamatan tahun ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 1-14 Maret tahun 2022 dengan personil sebanyak 3.879 seluruh jajaran Polda Jawa timur. Sedangkan di Ponorogo sendiri melibatkan sebanyak 103 personil Polres Ponorogo dan selebihnya personil dari TNI, Dishub dan Satpol PP,” papar AKBP Catur.

AKBP Catur menambahkan, operasi Keselamatan Semeru tahun 2022 ini, mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis dan persuasif dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid 19 menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1443 h/2022.

“Namun demikian juga tetap dilaksanakan tindakan represif terhadap pelanggaran yang menimbulkan fatalitas kecelakaan seperti tidak pakai helm, melebihi batas kecepatan, pengemudi dibawah umur, memakai safety belt, pengemudi mabuk (miras), menggunakan hp, melawan arus, over dimensi dan over load. Penindakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas,” imbuhnya.

Lebih lanjut AKBP Catur mengatakan, pihaknya juga memberikan penekanan kepada para peserta apel, sebagai berikut
yakni laksanakan deteksi dini dan deteksi aksi terhadap seluruh potensi kerawanan terkait Kamseltibcarlantas dan penyebaran Covid-19 agar pelaksanaan operasi dapat optimal dan tepat sasaran. Laksanakan kegiatan edukasi kamseltibcarlantas kepada masyarakat secara intens khususnya kepada kaum milenial sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Lakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi secara intens dengan berbagai pihak dalam rangka kegiatan penanganan kepulangan PPLN/PMI yang akan masuk ke jawa timur dan sosialisasi 5M, serta akselerasi vaksinasi. Dan jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan serta tingkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas guna antisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga  Optimalkan Dana Desa Untuk Program Pengungkit Melalui Pemberdayaan

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan-nya kepada kita semua, dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Kapolres Ponorogo.

Pos terkait