Polres Ponorogo Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2021

  • Whatsapp

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo memimpin apel pasukan dan penyematan pita kepada petugas yang melakukan operasi

Beritatrends, Ponorogo – Kepolisian Resort Ponorogo menggelar apel pasukan Operasi Patuh Semeru tahun 2021 di halaman Mapolres setempat, Senen (20/9/2021).

Dalam apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo SIK, MH, Wabup Ponorogo Lisdyarita, Kasdim Mayor Inf.Misiren, PJU, jajaran Forpimda Ponorogo serta diikuti personil dari TNI-Polri, Dimas Perhubungan, dan Satpol PP.

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh anggota Polres Ponorogo beserta PJU,Dandim 0802 Ponorogo yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf.Misiren serta Forkopimda juga dari Dishub Ponorogo.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo menyampaikan, operasi Patuh Semeru 2021 ini akan dilaksanakan mulai hari ini, dan berlaku serentak di seluruh Indonesia dari tanggal 20 September hingga 3 Oktober 2021.

“Diharapkan pelaksanaan kegiatan operasi ini dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran. Selain itu, juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, “kata AKBP Catur Cahyono Wibowo.

AKBP Catur Cahyono Wibowo menambahkan, sasaran kali ini lebih menitik beratkan kepada disiplin prokes yang bersifat preemtif dan preventif terutama dalam rangka sosialisasi kepatuhan karena masih di masa pandemi dan juga dalam berkendara lalu lintas, nantinya petugas akan tetap mengedukasi warga serta himbauan dengan cara persuasif sesuai anjuran Mendagri jika menemukan titik kerumunan.

“Kali ini kita lebih fokus bukan kepada pelanggaran kendaraan ataupun pengemudi, tetapi lebih menitik beratkan tentang Prokes terkait masa pandemi Covid-19. Meskipun kalau dilihat selama masa pandemi ini jumlah laka lantas pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2021 mengalami penurunan sebesar 8,92%, dan juga jumlah pelanggaran lantas di tahun 2020 dibandingkan tahun 2021 mengalami penurunan sebesar 56%. Karena waktu itu kita menerapkan PPKM Darurat yang berjenjang level 1 sampai dengan 4. Selain itu yang perlu kita waspadai adalah adanya kepulangan pekerja migran dari luar negeri yang mungkin bisa membawa varian baru dari negara tempatnya sehingga perlu diperketat di lokasi kedatangan dan agar dilakukan isolasi terhadap pekerja migran tersebut, “imbuh Kapolres Ponorogo.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, target operasi nantinya adalah titik-titik keramaian, pasar-pasar juga tempat wisata yang mana nantinya akan disediakan pos pos sesuai arahan dari Ditlantas Polda dengan menerapkan QR Code Aplikasi Peduli Lindungi untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

“Kita juga menghimbau, dalam pelaksanaan gelar ini agar dikedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara edukatif dan humanis sehingga meningkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Mari bantu Pemerintah dalam rangka kegiatan pencegahan dan penyebaran Covid-19 melalui kegiatan sosialisasi prokes, 3 T serta peluaasan cakupan vaksinasi. Tak lupa ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder terkait atas tugas dan pengabdian dalam pencegahan Covid-19 di wilayah Jawa Timur khususnya Kabupaten Ponorogo, “pungkasnya.

Pos terkait