Prosesi Pusaka Keris Pandowo Cinarito Magetan

Beritatrends, Magetan – Kabupaten Magetan miliki keris pusaka buatan bersama Pandowo Cinarito.

Berkat dukungan pemerintah kabupaten Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, komunitas-komunitas budaya yang ada di Magetan mengelar prosesi yang bertajuk MAHARGYA KAGUNGAN PUSAKA MAGETAN, Sabtu (7/1/2022).

Pada 25-27 November 2021 yang lalu, dalam kegiatan Pameran Tosan Aji 2021 melaksanakan kegiatan Pande Tosan Aji membuat keris yang dimulai pemukulan oleh Forkopimda Magetan yang diteruskan oleh Sekda perwakilan dari DPRD, Camat, Lurah/Kades, Toga dan Tomas kemudian dilanjutkan oleh Mng. A. Empu Daliman dari Solo dan Empu Teguh dari Magetan.

Setelah memalui proses adat budaya Nusantara selama selapan ndino (35 hari) keris Pandowo Cinarito dapur kebak pendaringan berhasil diselesaikan oleh Empu Mng. A. Daliman Puspobudoyo.

Dalam waktu yang bersamaan Empu Teguh menyelesaikan Pusaka Tombak Payung Tuggulogo dan juga Mas Bayu Dona bersama komunitas besalen Magetan juga menyelesaikan Tombak Dapur Megantoro Kyai Cahya Mulyo.

Tosan Aji hasil karya bersama tersebut selanjutnya diserahkan ke Pemerintah Kabupaten
Magetan sebagai lambang persatuan warga Magetan dalam menuju Magetan Bangkit.

Penyerahan pusaka dari empu kepada utusan Pemerintah Magetan di Gedung TRIPANDITA,
melalui acara Pasrah Tinampi yang disaksikan oleh pengiring utusan yang terdiri dari unsur-unsur pelaku budaya Nusantara di Magetan.

Pusaka diiring menuju Pendopo SURYAGRAHA dengan prosesi laku bisu diiringi suara kemanak, start dari Gedung TRIPANDITA, keliling alun-alun masuk ke Pendopo SURYAGRAHA Magetan.

Pusaka diserahkan kepada Bupati Magetan sebagai perwakilan dari Pemerintah Kabupaten
Magetan, dilanjutkan dengan acara penerimaan pusaka dan pusaka diletakan ke tempat yang
disediakan.

Juga di gelar Wayang Kulit Purwo Ruwat oleh dalang sejati sebagai akhir pelaksanaan penyerahan pusaka ke Pemerintah Kabupaten Magetan.

Pos terkait