Ratusan Pembatas Jalan/Guardrail Sepanjang Jalan Magetan – Cemoro Sewu Banyak Yang Hilang

Salah satu pengaman Jalan/Guardrail yang di lepas, padahal membahayakan

Beritatrends, Magetan – Bagi para pengguna jalan yang sering melintas di Jalan Raya Magetan – Cemoro Sewu dimulai dari Desa Kalang hingga Cemoro Sewu saat ini harus berhati-hati.

Pasalnya banyak besi penyangga dan penyambung Guardrail atau batangan baja pengaman yang hilang tersebut hilang entah dicuri atau disimpan oleh petugas. Kondisi ini membuat besi pengaman yang terletak di atas jurang setinggi variasi dalamnya tersebut melompong.

Informasi yang dihimpun Media online Beritatrends, Kamis (6/1/2022), bukan hanya besi pengamannya saja yang hilang, tapi kondisi besi ada yang di bengkongkan dan ada juga yang di letakkan begitu saja di pinggir jalan.

Sebut saja Sukardi salah satu pedagang yang melepas Guardrail agar muka warungnya tidak terhalang oleh Guardrail, dengan maksud para pelanggan atau konsumen yang mau belanja tidak terhalang saat masuk ke warungnya, dan ini hampir rata-rata seluruh pedagang, pemilik usaha membuka Guardrail pengaman tersebut.

Pihaknya mengatakan bahwa dia baru empat bulan usaha di tempat ini, pihaknya mendapatkan tempat ini sewa dengan Dinas Perhutani setahunnya kurang lebih Rp. 1 juta.

“Ditanya soal membuka Guardrail agar muka warungnya tak terhalang pihaknya menjelaskan, untuk pengurusan membuka Guardrail melalui PU, ditanya siapa namanya, kita jadi satu dengan sewa tempat warung ini lewat orang dari Perhutani,”terangnya.

Padahal saat media ini melintasi dari Magetan hingga Cemoro Sewu banyak besi pengaman atau Guardrail yang hilang. Dulu hanya satu atau dua saja besinya yang hilang. Tapi saat ini sudah mencapai ratusan besi pengaman yang ada sudah hilang.

Artinya Kawanan pencuri di Magetan makin hari semakin nekat. Besi baja yang digunakan untuk pengaman jalan sepanjang Magetan hingga Cemoro Sewu dan besi pengaman overpass, digasak.

Salah Satu Anggota LE Swastika Rudi Setiawan menjelaskan, sejak jalan tembus Sarangan Cemoro Sewu Jadi di bagun lalu kurang lebih setelah jalan tembus jadi dua tahun berjalan sudah melihat ketidakberesan pada besi pengaman jalan Tembus tersebut. Benar saja, setelah dicek ternyata sejumlah besi baja pengaman bahu jalan mengalami penurunan elevasi atau melengkung. Setelah diteliti, ternyata banyak besi penyangga dan penyambung Guardrail atau batangan baja pengaman yang hilang.

“Setiap empat Guardrail ada besi penyangga dan penyambungnya. Nah yang diambil secara selang seling. Untuk menghindari kecurigaan,” katanya saat melakukan pengecekan, Kamis (6/1/2022).

Hilangnya besi penyangga dan Penyambung di Ruas Jalan Magetan – Cemoro Sewu sepanjang kurang 24 kilometer ini hanya terjadi di wilayah Kalang, Pacalan, Plaosan, Sarangan, Mojosemi dan hampir sepanjang Jalan Tembus. Jika ditotal, besi penyambung yang hilang mencapai sebanyak ratusan unit.

“Kalau untuk besi penyangganya ada sebanyak ratus buah yang hilang. Sedangkan mur bautnya tidak terhitung lagi berapa banyak yang hilang. Akibat penjarahan ini, kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah,”taksirannya.

Pihaknya berharap kasus penjarahan ini dapat terungkap. Hal itu untuk menghindari kasus hilangnya besi pembatas bahu jalan ini terulang lagi. “Pembatas jalan ini sangat penting untuk menjaga keamanan pengendara. Apabila terjadi insiden kecelakaan, kendaraan masih dapat tertahan dan tidak keluar jalur,” pungkasnya.

Pos terkait