Ratusan Penderita Katarak di Magetan Dioperasi Gratis

Beritatrends, Magetan – Masih dalam serangkaian Hari Jadi Ke-348 Kabupaten Magetan, penderita katarak dan pterygium di Magetan mendapat operasi gratis.

Gerakan ini diprakarsai Pemerintah Kabupaten Magetan bekerja sama dengan Klinik Mata EDC setempat melalui bakti sosial gerakan mata sehat, yang dipusatkan di Pendopo Surya Graha, Kamis (26/10/2023).

Direktur Umum dan Keuangan EDC Group, Dian Anggraeni Wikamorys mengatakan, bakti sosial ini juga dalam rangka ikut mewujudkan ‘Magetan Bebas Katarak’.

“Kami ingin menjaring 100 pasien, hari ini yang sudah hadir ada 150. Tidak semuanya katarak bisa jadi ada penyakit lain,” terangnya.

Sebelum dilakukan operasi, pasien perlu melewati tahap screening. Dian menyebut, pasien juga dapat berkonsultasi secara langsung bersama dokter sebelum dilakukan upaya tindak lanjut.

Adapun syarat dilakukan operasi, lanjut Dian, pasien diharuskan memenuhi kriteria visus (jarak pandang) dan tidak memiliki penyakit penyerta.

“Kalau memang pasien terdeteksi katarak dan sesuai persyaratan berhak menerima operasi, maka akan dijadwalkan untuk operasi di klinik,” jelasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Magetan Hergunadi pun menyambut baik adanya Gerakan Mata Sehat ini. Menurutnya, adanya Klinik EDC dan bakti sosial di Magetan mampu membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan, khususnya terkait katarak.

“Terimakasih, dengan adanya Klinik EDC di Magetan juga sangat membantu kita dalam pelayanan kesehatan,” ujar Hergunadi.

Baca Juga  Rohmat Hidayat Difinitif Kadinkes Magetan

Pos terkait