Rehabilitasi Bendungan Tugu Desa Cileng Akan di Kerjakan Tahun 2023 Mendatang

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan melalui bidang Sumber Daya Air (SDA) tetap melakukan rehabilitasi bendungan yang ada di wilayahnya.

Beritatrends, Magetan – Bendungan merupakan salah satu peran penting dalam menjaga ketersediaan air baku tanah untuk saluran irigasi bagi desa. Fungsi utama dari bendungan tersebut sebagai penyedia air baku untuk mengaliri areal persawahan yang menjadi cakupannya, Tentu sudah sewajarnya bendungan itu harus dalam keadaan prima.

Dengan tetap menjaga keadaan prima disetiap bendungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan melalui bidang Sumber Daya Air (SDA) tetap melakukan rehabilitasi bendungan yang ada di wilayahnya.

Salah satu Rehabilitasi bendungan yang dikerjakan Dinas PUPR bidang Sumber Daya Air (SDA) yakni Bendungan Tugu yang terlerak di Desa Cileng, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Seperti yang dikatakan Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Magetan Yuli K. Iswahyudi, ST., MT bahwa Dinas PUPR bidang SDA terus melakukan Rehabilitasi Bendung yang ada di Kabupaten Magetan, salah satunya Bendungan Tugu yang ada di Kecamatan Poncol. Kamis (08/12/2022)

“Rehabilitasi Bendungan Tugu ini merupakan salah satu upaya dari Dinas PUPR bidang SDA dalam membantu masalah yang dihadapi para petani dalam pengaliran sawah, dengan adanya rehabilitasi kali ini setidaknya bisa memaksimalkan saluran air bagi petani setempat,” jelasnya. Kamis (08/12/2022)

Sebagai informasi, rencana dalam pekerjaan Rehabilitasi Bendungan Tugu kali ini akan dikerjakan tahun depan dengan anggaran memakan biaya kurang lebih sekitar 100 juta rupiah.

“Rencananya dalam proses rehabilitasi Bendungan Tugu yang ada di Desa Cileng Poncol itu akan dilaksanakan tahun depan 2023 yang memakan biaya kurang lebih sekitar 100 juta rupiah,” paparnya.

Baca Juga  Peringati Hari Otonomi Daerah ke-27 dan Hardiknas Tahun 2023

Pihaknya berharap semoga dengan adanya Rehabilitasi Bendungan Tugu tersebut bisa membantu meringankan masalah yang dihadali para petani dalam pengaliran sawah yang ada di Desa Cileng.

“Semoga kedepan dengan adanya Rehabilitasi Bendungan Tugu bisa membantu meringankan masalah para petani dalam mengaliri air ke persawahan yang ada di Desa Cileng.” tutupnya.

Pos terkait