Rehabilitasi Jaringan Irigasi Getas 1

Rehabilitasi Jaringan Irigasi Getas 1

Beritatrends, Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan terus berupaya meningkatkan jaringan maupun saluran irigasi dari sumber maupun embung yang berada di wilayah kabupaten Magetan.

Salah satu titik yang mendapatkan rehabilitasi pada tahun 2022 ini adalah saluran irigasi Getas 1, yang berlokasi di Dukuh Menjing, Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo, Magetan.

Kepala Seksi Bidang SDA Dinas PUPR Magetan, Ulinuha mengatakan, tujuan dari rehabilitasi jaringan irigasi tersebut, untuk memperlancar layanan irigasi yang mengairi sawah di beberapa desa yang berada di hulu saluran irigasi Getas.

“Kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi dilakukan agar pemeliharaan kebutuhan air untuk kebutuhan irigasi pertanian dan non irigasi seperti air baku dapat tercukupi, selain itu juga untuk pengendalian banjir,” kata Ulinuha, dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

“Kita lakukan pembangunan, karena saluran Getas 1 mengalami kerusakan pada bangunan dan operasi, serta pemeliharaan yang tidak memadai,” sambungnya.

Salah satu titik yang dilakukan rehabilitasi adalah pembangunan bangunan terjun mendapatkan perbaikan, pembangunan Talud, dan pembangunan Bronjong pada sayap kiri kanan bendung, yang dikerjakan oleh CV. Prambanan Putra, dikerjakan 90 hari dan diperkirakan selesai pada November 2022.

Menurutnya, selain rehabilitasi bangunan irigasi, saluran irigasi Getas juga dilakukan normalisasi untuk meningkatkan aliran maupun tampungan air pada saluran.

“Saluran juga dilakukan normalisasi atau pengerukan saluran karena endapan sungai, saya harap masyarakat juga ikut merawat DAM ini setelah selesai rehabilitasi,” tutupnya.

Sementara, Kepala Desa Getasanyar Hariyadi, mewakili warganya yang selama ini memanfaatkan saluran irigasi Getas 1, dengan adanya rehabilitasi ia berharap dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan memperluas aliran di areal sawah para petani di desanya.

“Saluran Getas 1 selama ini telah mengairi seluas 26 Hektar lahan pertanian di Desa Getasanyar, termasuk lahan di desa lainya seperti Pacalan dan Sidorejo,” ungkapnya.

Pos terkait