Saluran Irigasi Rusak Tertimpa Longsor, 500 Hektar Lahan Pertanian Warga Asal Dua Desa Terancam Kekeringan

Camat Tiganderket Amri Ginting dan Kabid Cipta Karya Dinas PUTR kab.Karo bersama aparatur Pemerintah Desa cek lokasi longsor saluran irigasi.

Beritatrends,Tanah Karo – Diduga karna intensitas curah hujan tinggi akhir ahir ini, saluran irigasi yang berada di perladangan pancur pola di wilayah Desa siabang abang, Kecamatan Kuta buluh, Kab.karo putus total akibat bencana tanah longsor yang terjadi pada Hari Rabu,11 Januari 2023 yang lalu.

Walau keberadaan saluran irigasi berada di desa siabang abang, namun saluran irigasi tersebut selama ini dipergunakan untuk mengairi areal perladangan yang ada di desa tanjung pulo dan desa tanjung belang kecamatan tiganderket, kab.karo.

Akibatnya lebihkurang 500 Hektar areal pertanian yang ada di wilayah desa tanjung pulo dan desa tanjung belang terancam gagal panen dan menghabat produktivitas komoditi pertanian sebagai sumber mata pencarian bagi warga asal dua desa.

Mengetahui adanya laporan masyarkat terkait bencana tanah longsor yang mengakibatkan terputusnya saluran irigasi tersebut.


Pemerintah Kecamatan Tiganderket bersama unsur Pemerintahan Desa Tanjung Belang, Pemdes Tanjung Pulo dan Pegawai Dinas PUTR melalui PPK Cipta karya Helmin Sitepu langsung bergerak kelokasi longsor saluran irigasi. Pada hari Selasa, (17/1/2023)

Terkait hal itu, Camat Tiganderket Amri Ginting saat diminta keterangannya melalui sambungan telphone mengatakan,

“Untuk penanggulangannya, tadi sudah ada kesepakatan bersama dengan para kepala desa yang tardampak longsoran saluran irigasi. Besok rencananya akan dilakukan kegiatan gotong royong bersama warga secara manual,” ujar Amri

Tambahnya lagi, pihak Dinas PUTR kab.karo untuk sementara sudah bersedia membantu pengadaan terpal plastik dan karung (goni) untuk penahan tanah. Jika memungkinkan tadi kata Pihak Dinas PUTR di P – APBD tahun ini anggaran untuk perbaikan dapat ditampung. Semoga tidak ada kendala nantinya agar roda perekonomian dari sektor pertanian bagi masyarakat dua desa tetap berjalan dan meningkat.” Beber Camat Tiganderket.

Pos terkait