Santoso Meminta ASN di Lingkungan Pemkot Blitar Menjaga Netralitas Menjelang Pemilu Tahun 2024

Jelang Pemilu 2024, Wali Kota Blitar Larang ASN Pose Foto Tunjukkan Jari

Beritatrends, Blitar – Wali Kota Blitar, Santoso secara tegas meminta ASN di lingkungan Pemkot Blitar untuk menjaga netralitas menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Semua ASN jajaran Pemerintah Kota Blitar wajib menjaga netralitas, bahkan semua ASN di lingkungan Pemkot Blitar juga sudah menandatangani pakta integritas netralitas ASN menjelang Pemilu 2024,” kata Wali Kota Blitar, Santoso, Senin (20/11/2023) lalu.

Santoso juga meminta seluruh ASN untuk berhati-hati dalam berpose saat berfoto, baik foto bersama maupun swa foto supaya tidak berpose dengan menunjukkan jari yang dapat ditafsirkan sebagai bentuk dukungan terhadap peserta Pemilu 2024.

“ASN juga selalu berhati-hati berpose dalam berfoto, jangan jari atau bentuk tubuhnya ditafsirkan mendukung salah satu peserta Pemilu 2024,” sambungnya.

Diakuinya, para ASN di lingkungan Pemkot Blitar saat foto bersama sering berpose dengan mengacungkan jari jempol sambil mengucapkan Blitar Keren yang biasa dilakukan selama ini.

Larangan itupun termasuk saat berfoto sambil mengucapkan Blitar Keren dan mengacungkan jempol.

“Untuk sementara Blitar Keren dengan jempol diganti dengan mengepalkan tangan saja, khawatir bisa ditafsirkan sebagai bentuk mendukung salah satu peserta Pemilu nantinya. Ini juga untuk menjaga netralitas,” ungkap Santoso.

Blitar Keren sendiri merupakan kependekan dari Keberagaman, Religius dan Nasionalis yang merupakan jargon Pemkot Blitar.

Selain berpose, kata Santoso, semua ASN Pemkot Blitar juga diminta berhati-hati dalam menggunakan media sosial menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024. Ia pun berpesan kepada ASN supaya bijak bermedsos.

“Termasuk menggunakan media sosial, semua ASN juga harus berhati-hati dan bijak serta bisa menjaga netralitasnya,” tandas Santoso.

Pos terkait