Sisa Satu Titik Api di Gunung Lawu Wilayah Magetan Mulai Padam, Petugas Terus Berjaga di Sekitar Ilaran

Beritatrends, Magetan – Kebakaran hutan di Gunung Lawu khususnya wilayah Kabupaten Magetan terpantau mulai padam, Selasa (03/09) sore.

Kebakaran yang masih menyisakan 1 titik api di petak 51 A (Desa Jabung) pada Selasa siang, dalam rentang waktu 2 jam telah berhasil dipadamkan.

“Kondisi petak 51 A tadi pengecekan terakhir ke lokasi dan melalui radio titik apinya sudah padam,” ungkap Dandim 0804/Magetan, Letkol Inf Dani Indrajaya, saat di Posko Ngiliran Panekan.

Dandim memastikan para petugas di lapangan, baik personil gabungan dari TNI/POLRI, BPBD, relawan maupun unsur masyarakat masih akan berjaga di sekitar ilaran.

“Petak 51 A tetap akan dipantau, namanya bekas dari bara api ketika terkena angin itu bisa menyala lagi sehingga personil di lapangan tetap ada yang stand by di petak 51 A,” terangnya.

Dandim menambahkan, petugas gabungan juga akan terus berjaga di petak 50 D, yang mana berdekatan dengan petak 42 A atau titik api di wilayah sektor Ngawi.

Ia menyebut, jarak antara titik api di Ngawi dengan ilaran Magetan diperkirakan sejauh 600-700 meter. Sekitar 80 orang akan berjaga dan memonitor dari lokasi ilaran tersebut sebagai langkah antisipasi bila terjadi rambatan api.

“Titik api dengan ilaran yang sudah dibuat masih relatif jauh, sehingga pemantauan terkait dengan pengamanan tidak terlalu berat. Namun personil yang stand by akan selalu siap 24 jam manakala api merambat menuju ilaran. Tapi mudah-mudahan api di petak 42 A tidak sampai merambat ke ilaran menuju ke Magetan,” jelas Dandim.

Baca Juga  Tanggul Jebol Akibatkan Banjir di Ponorogo, Pemerintah Utamakan Keselamatan Warga

Pos terkait