Sugeng Rawuh Dateng Desa Belotan

Desa Belotan 

Beritatrends, Magetan – Kabupaten Magetan, merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak paling barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Magetan berada di kaki Gunung Lawu, sehingga menjadikan udaranya segar dan relatif seuk sehingga Desa Belotan ini termasuk didalamnya.

Desa Belotan merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Magetan, yang tepatnya berada di salah satu Kecamatan Bendo, berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota magetan arah timur.

Kehidupan masyarakat tertata dengan baik dan harmonis serta adanya keseimbangan dengan alam sekitarnya, setiap kaki dilangkahkan akan terasa desah alam sebagaimana puitis gemah ripah loh jinawi.

Jika anda datang ke Desa Belotan akan ditemui udara yang segar, masyarakat yang ramah, serta suasana alam yang membuat kita enggan untuk meninggalkanya.

Desa Belotan yang memiliki jumlah penduduk sekitar 5.486 jiwa, yang menjadi cerminan Negeri kita yang terkenal akan kesuburan tanahnya, sehingga rantingpun ditanam akan tumbuh menjadi tanaman, berbagai aneka tanaman akan tumbuh subur yang ditunjang dengan sisten pengairan yang baik, serta diadakan secara countinue diadakan pembenahan dan penyuluhan pertanian untuk meningkatkan kemampuan SDM para petani.

Desa Belotan yang memiliki luas wilayah kurang lebih 656 hektar yang terdiri 7 dusun serta berada diketinggian 190 meter diatas permuakaan laut, yang saat ini dipimpin oleh SUKADI sebagai kepala Desa, dibawah kepemimpinan beliau diberdayakan segala potensi desa yang diantaranya sektor pertanian, perdagangan, peternakan serta UMKM yang ada.

Tak kalah pentingnya, dibagian sebelah bagian timur desa belotan terdapat pasar tradisional yang buka setiap harinya, dimana masyarakat dan penduduknya jika memerlukan kebutuhan dapur khususnya sayur-sayuran tidak perlu keluar desa. Selain penjual sayur mayur juga terdapat toko klontong yang menyediakan kebutuhan sehari-hari sehingga penduduk desa belotan tidak perlu kepusat kota untuk memenuhi kebutuhanya sehari-hari.

Dinamisme aktivitas masyarakat desa belotan pada sektor usaha mikro kecil dan menengah diwarnai dengan jiwa semangat dan saling bahu membahu menuju desa modern yang tidak meninggalkan adat dan istiadat ketimuran, aneka UMKM tumbuh kembang di desa belotan, diantaranya usaha produksi tempe dan usaha tape singkong yang menambah lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Di Desa belotan juga terdapat usaha peternakan ayam yang terletak disebelah utara desa, jenis usaha ini juga dapat berkembang dengan baik, dan menguntungkan.

Tak hanya disitu, keunikan budaya dari nenek moyang terdahulu hingga saat ini masih kental dan masih dilestarikan, terlihat setiap tahun pemerintah desa dan masyarakat selalu menggelar kegiatan bersih desa ditiap-tiap punden atau sesepuh terdahulu.

Kantor desa belotan yang terletak ditengah-tengah desa tak luput dari kinerja para perangkat desa, yang selalu aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat, mulai dari pelayanan terhadap masyarakat, aktifitas penduduk penunjang kesehatan serta yang baru-baru ini juga terdapat PTSL. Hal ini di getolkan oleh pemerintah desa untuk menunjang kesejahteraan penduduk.

Steatmen : Kepala Desa Belotan Drs. Sukadi

Dengan fasilitas publik yang ada, penunjang kesejahteraan masyarakat mulai tingkat anak-anakpun sudah lengkap dengan fasilatas didunia pendidikan, dengan fasilitas sekolah dijaman sekarang ini, anak-anak sudah di didik dan wajibkan untuk belajar agar bisa memilih cita-cita yang akan dituju damasa depanya.

Kearifan lokal yang jarang ditemui diperkotaan selalu hadir dengan baik dalam suasana pedesaan. Kehangatan masyarakatnya dan keunikan ragam kebudayaanya mampu memberikan energi positif tersendiri bagi yang singgah maupun yang datang. Antara alam dan manusia bersinergi bersama,menciptakan suatu komponen kehidupan yang selaras, semua saling membutuhkan dan juga saling mengasihi satu dengan yang lainya.

Pos terkait