Surat Suara Pemilu 2024 di Ponorogo Rusak, Robek, hingga Warna Luntur: KPU Temukan 756 Cacat Produksi

Beritatrends, Ponorogo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo mengumumkan temuan mencengangkan saat melakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024. Sebanyak 756 surat suara untuk DPRD ditemukan rusak atau cacat produksi.

Menurut Ketua KPU Ponorogo, Munajat, temuan ini terjadi sejak awal kegiatan sortir dan pelipatan surat suara jenis DPRD kabupaten/kota pada Rabu, 3 Januari 2024. “Ada 750-an yang rusak atau cacat produksi. Tepatnya sebanyak 756 buah dan sudah kami pisahkan,” ungkapnya, Selasa (9/1/2024).

Sortir dan pelipatan surat suara dilakukan secara bertahap, menunggu kedatangan jenis surat suara lain untuk DPRD provinsi, DPR RI, dan pilpres yang masih dalam tahap produksi di lembaga percetakan yang ditunjuk KPU pusat.

“Sementara yang kami lakukan sortir dan pelipatan fokus untuk yang DPRD kabupaten/kota dulu,” tambah Munajat.

Ratusan surat suara yang rusak mencakup berbagai kerusakan, mulai dari sobek, melebihi ukuran yang ditetapkan, hingga warna yang luntur. Munajat menyatakan bahwa surat suara rusak tersebut telah disortir dan nantinya akan dilaporkan kepada KPU RI setelah selesai pelipatan lima jenis surat suara.

“Sudah dikumpulkan, sudah disortir, tapi untuk pelaporan menunggu selesainya pelipatan lima jenis surat suara. Setelah ini baru dilaporkan dan akan dimusnahkan,” jelasnya.

Proses pelipatan masih berlangsung, dan dapil 1 DPRD Kabupaten Ponorogo telah selesai, sedangkan dapil 2 masih dalam proses. Munajat menyatakan bahwa para pekerja yang melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara memiliki pengalaman pada pemilu sebelumnya, yang membantu mempercepat proses ini.

Baca Juga  Tinggalkan Bahuluang , Wabup Lanjutkan Safari ke Desa Polassi

Pos terkait