Tampil Beda, Petugas KPPS di Tambran Magetan Kenakan Baju Adat Nusantara

Petugas KPPS di Tambran Magetan Kenakan Baju Adat Nusantara

Beritatrends, Magetan – Tak melulu soal formal, penampilan unik turut mewarnai pelaksanaan Pemilu 2024.

Seperti halnya para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari TPS 004, Kelurahan Tambran, Magetan, Jawa Timur, yang ingin tampil beda pada hajat demokrasi lima tahunan ini.

Mereka kompak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di nusantara, demi menarik antusias warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (14/02/2024).

“Tema hari ini kita memilih kebudayaan yang menunjukkan kebhinekaan Indonesia, artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua,” jelas Ketua KPPS di TPS 004 Tambran, Prihagung Sedayu.

Prihagung mengatakan, telah menyiapkan tema ini jauh hari sebelum Pemilu bergulir.

Ia juga mengaku merasa lebih bersemangat ketika mengenakan pakaian adat saat bertugas. Ditambah dengan lokasi sekitar TPS yang didesain berbeda, seperti dihias dengan kain jarik, tokoh pewayangan, penggunaan bahasa Jawa pada papan petunjuk, hingga dekorasi papan bunga lengkap dengan hiasan Reog Ponorogo untuk photo booth.

“Selain untuk menarik antusias warga, kami ingin agar masyarakat yang mendapat hak untuk memilih di TPS 004 juga merasa terlayani dengan petugas KPPS,” ujarnya.

Sementara itu, hingga akhir proses pemungutan suara di TPS 004 terpantau berjalan lancar dan kondusif.

“Tidak ada kendala, kami juga melayani 1-2 warga yang berhalangan hadir ke TPS karena sakit. Tujuan kita melayani agar Pemilu hari ini menjadi Pemilu yang benar-benar bermartabat dan memberikan kebanggaan untuk kita semua” kata Ketua KPPS.

Baca Juga  Sering Picu Kecelakaan, Diskominfo Magetan Pasang Rambu Peringatan Suara di Jalur Tengkorak

Pos terkait