Tim Pengabdian UNMUH Ponorogo Berikan Pelatihan Literasi dan Numerasi Bagi Guru TK/PAUD

Tim Pengabdian UnMuh Ponorogo Berikan Pelatihan Literasi dan Numerasi Bagi Guru TK/PAUD.

Beritatrends, Ponorogo – Tim pengabdi Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang diketuai oleh Dian Kristiana, MPd dengan anggota Drs Jumadi MPd, dan Muhammad Lukman Syafii, MPd mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan media literasi dan numerasi bagi guru PAUD di TK Aisyiyah Sawoo Ponorogo pada hari Senin tanggal 1 Agustus 2022.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diikuti oleh peserta 28 guru PAUD Aisyiyah se kecamatan Sawoo, dengan pemateri ibu Betty Yulia Wulansari, MPd yang juga merupakan kaprodi PG PAUD FKIP UMPO.

Peserta pelatihan dibekali dengan bagaimana cara membuat buku cerita bergambar untuk menstimulasi literasi dan numerasi bagi anak usia dini.

Dian Kristiana, MPd selaku ketua pengabdian masyarakat Unmuh Ponorogo mengatakan, kondisi literasi dan numerasi kita yang masih rendah, maka media pembelajaran literasi dan numerasi ini menjadi penting untuk mengenalkan pada anak usia dini agar mereka memiliki kemampuan literasi dan numerasi sejak dini.

“Jika media tersebut diciptakan oleh guru PAUD itu sendiri, maka media tersebut juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran di kelas,” terangnya.

Dari kegiatan ini ia berharap, guru-guru PAUD Aisyiyah mampu menciptakan media pembelajaran literasi dan numerasi melalui buku cerita bergambar yang nantinya bisa digunakan untuk proses pembelajaran dikelas.

Selain itu, juga mengambil tema kearifan lokal Ponorogo, sehingga anak-anak bisa mengenal dan bangga dengan kota kelahirannya yaitu Ponorogo sekaligus menjadi keunggulan dari produk ini nantinya.

Sementara itu, Eka selaku kepala sekolah TK Aisyiyah Sawoo menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan oleh tim pengabdi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

“Bu guru semuanya merasa senang dan menikmati workshop hari ini. Yang tadinya tidak bisa menggambar dengan adanya pelatihan ini meraka bisa menggambar dan membuat cerita dengan bagus,” ucapnya.

Harapannya agar kerjasama ini dapat terus berlanjut karena sangat sangat bermanfaat bagi guru-guru di Wilayah Kecamatan Sawoo.

(Dian Kristiana, MPd, Tim pengabdi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Pos terkait