Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Magetan Siap Replikasi Sukma-e

Bupati Suprawoto : Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Magetan Siap Replikasi Sukma-e

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik melalui survey kepuasan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Magetan yang sebelumnya telah menggunakan e-SKM, sekarang siap mereplikasi Sukma-e. Hal ini ditandai dengan penandatanganan komitmen oleh Bupati Magetan bersama dengan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, di Pendopo Surya Graha, Senin (31/1/2023).

Sukma-E merupakan survei kepuasan masyarakat berbasis digital yang terintegrasi langsung dengan pemerintah provinsi. Nantinya, setiap unit pelayanan akan disediakan barcode yang dapat di-scan oleh masyarakat setelah menerima layanan. Secara otomatis, pengguna akan diarahkan menuju url atau website yang berisi 9 pertanyaan survei terkait dengan unsur pelayanan.

Menurut Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Jatim, Ramliyanto, bahwa aplikasi ini dinilai akan mudah diakses oleh masyarakat. Disisi lain juga bermanfaat bagi pemerintah untuk membuat kebijakan yang lebih presisi.

“Aplikasi Sukma-e sangat mudah diakses masyarakat, validitasnya juga relatif tinggi. Sehingga kebijakan publik yang didelivery akan lebih presisi. Hal tersebut karena berdasarkan data bukti yang diungkap oleh masyarakat melalui pengisian survei,” terang Ramliyanto.

Tentu, Sukma-e dapat diisi oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun tempat masyarakat menerima layanan. Demikian sebaliknya, para pimpinan perangkat daerah dapat memeriksa potret kualitas pelayanan publik di masing-masing instansi secara real time. Sehingga apabila terdapat penyimpangan dari respon masyarakat, pemerintah dapat segera mengambil tindakan.

Lanjutnya, Ramliyanto juga berharap agar implementasi Sukma-e dapat mendukung reformasi birokrasi tematik di Magetan, seperti yang diamanatkan oleh Presiden RI melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Reformasi birokrasi tematik diantaranya fokus pada prioritas pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, dan digitalisasi. Kami berharap Sukma-e dapat men-support ini semua, sekaligus mendukung proses digitalisasi administrasi pemerintahan,” ujar Ramliyanto.

Adanya replikasi Sukma-e di lingkup pemerintahan Magetan, tentu disambut baik oleh Bupati Suprawoto. Ia sangat mengapresiasi karena dengan teknologi dapat membuat segala hal menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien.

“Dengan adanya Sukma-e, masyarakat akan bisa lebih cepat untuk memberi saran dan masukan yang lebih terbuka kepada unit pelayanan publik, dan sebaliknya pemerintah juga akan semakin mudah untuk melakukan monitoring,” pungkasnya.

Pos terkait