Upaya Mitigasi Bencana, BPBD dan Warga Bersihkan Sungai di Desa Jajar dan Ngelang

Beritatrends, Magetan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan bersama dengan sejumlah instansi terkait dan relawan menggelar kegiatan pembersihan aliran sungai di Desa Jajar dan Desa Ngelang, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jumat (4/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Aksi bersih-bersih sungai ini melibatkan berbagai elemen, mulai dari BPBD, TNI, Polri, Forkopimca Kartoharjo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, Potensi Relawan Magetan, hingga masyarakat dari Desa Pencol, Desa Ngelang, Desa Jajar, Desa Kartoharjo, dan Desa Sukowidi.

Partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini terlihat sangat antusias, mengingat pentingnya menjaga kebersihan sungai untuk mencegah bencana banjir.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magetan, Jaka Risdiyanto, menyatakan bahwa kegiatan kerja bakti ini merupakan bagian dari upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman banjir.

“Pentingnya mitigasi bencana merupakan hal utama untuk menekan dampak kerugian yang disebabkan oleh bencana,” jelas Jaka.

Selama kegiatan berlangsung, tim pembersih berfokus pada membersihkan sungai dari sampah rumah tangga dan ranting pohon yang menyumbat aliran air.

Jaka juga menegaskan bahwa kegiatan serupa akan terus dilakukan secara rutin sebagai komitmen bersama dalam mengurangi risiko banjir di wilayah Magetan Utara.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan menggalakkan kerja bakti mandiri bersama warga setempat di sepanjang aliran sungai secara rutin,” tambahnya.

Kegiatan pembersihan sungai ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah bencana alam, khususnya banjir, yang kerap melanda wilayah Kartoharjo.

Baca Juga  Tim Wasev Mabes TNI Tinjau TMMD Ke 121 Di Desa Sel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *