Vihara Vimalakirti Diresmikan Bupati Magetan, Ini Toleransi Sangat Luar Biasa

Vihara Vimalakirti   di Resmikan oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH. M.Si 

Beritatrends, Magetan – Penantian yang cukup panjang bagi Warga Sale Kelurahan Plaosan Kabupaten Magetan Jawa Timur yang menganut Agama Buddha Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia untuk mendirikan Vihara Vimalakirti sudah terpenuhi, Kamis (27/10/2022)

Acara peresmian di hadiri oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto S. ,M.Si didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Permadi, Kepala Kemenag Magetan, Kepala Bakesbangpol, Porkopimca, Perangkat Kelurahan Plaosan dan warga lingkungan Sale Plaosan, pada siang hari yang sangat cerah, seakan alam ikut gembira menyaksikan peristiwa penting ini.

Pandita Taruna Henny menjelaskan, asal muasal adanya Vihara Vimalakirti Sale, ini dulunya rumah tempat tinggal, sejalanya waktu, rumah tersebut dijadikan tempat kegiatan keagamaan Buddha. Di tahun 1991 yang lalu dengan perkembangan umat Buddha yang mulai bertambah, Alm. Yatno dipercayai untuk memimpin umat dilingkungan Sale dan sekitarnya.

“Akan tetapi pada tahun 2009 yang lalu salah satu dari keluarga berpesan agar rumah ini nanti disumbangkan untuk umat dan dijadikan sebagai Vihara,” tutur Pandita Taruna Henny.

Ditempat yang Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, diucapkan terimakasih yang pertama pada lingkungan disini yang memberikan toleransi untuk berdirinya Vihari ini.

Kita hidup di Negara Pancasila, Alhamudlilah walaupun Agama Buddha itu ada beberapa aliran dan disini hanya beberapa KK namun masyarakat disini mengijinkan untuk berdirinya Vihara.

“Tentu ini toleransi yang sangat luar biasa, mudah-mudahan ini jadi miniatur, contoh bahwa inilah Indonesia, Magetan ini terdiri dari beberapa agama namun tetap rukun,”pungkas Suprawoto.

Pos terkait