Wacana Revitalisasi Pasar Desa di Magetan

Wacana Revitalisasi Pasar Desa

Beritatrends, Magetan – Sebagai wujud nyata optimalisasi peran pemerintah dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Magetan bakal revitalisasi pasar desa.

Wacana tersebut disampaikan saat rapat koordinasi antara Tim Ahli dari Kota Semarang bersama dengan Bupati Magetan, di Ruang Rapat Pendapa Surya Graha, Senin (6/3/2023).

Disampaikan bahwa revitalisasi pasar desa akan menggunakan program swakelola, yang diharapkan dapat mempermudah dan menyejahterakan para pedagang, serta berimbas pada peningkatan PADes.

Rencananya, program ini akan menjadi jembatan antara pedagang dengan pengelola pasar, serta turut melibatkan pihak perbankan.

“Kita punya potensi pasar desa yang bisa dikaji kembali, salah satunya di Desa Ngariboyo. Program swalelola pasar desa mempertemukan skema-skema bahwa bagaimana kemudian perbankan terlibat, sehingga akan saling menguntungkan antara pedagang dan perbankan,” ujar Bupati.

Diketahui bahwa program semacam ini telah diberlakukan di beberapa kota seperti Cirebon, Sleman, dll.

Meski begitu, Bupati mengaku masih akan mengkaji ulang terkait wacana revitalisasi pasar desa, baik dari segi hukum, dll.

“Kalau melihat seperti yang sudah berjalan di tempat lain, mestinya sudah sesuai ketentuan. Nanti kita tinggal copy paste kalau itu memungkinkan, karena desa tidak mungkin punya anggaran sebesar itu untuk revitalisasi sendiri. Akan tetapi tentu akan kita kaji kembali,” pungkasnya.

Baca Juga  Sejak Tahun 2020 - 2022 HAMP di Magetan Dilaksanakan Secara Kontraktual

Pos terkait