Wali Kota Blitar Harap Soekarno Coffee Fest Masuk Karisma Event Nusantara

Beritatrends, Blitar – Wali Kota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd berharap event Soekarno Coffee Fest Blitar yang diselenggarakan Pemerintah Kota Blitar ini masuk dan lolos dalam kurasi Karisma Event Nusantara (KEN).

Harapan itu disampaikan Wali Kota Santoso saat memberikan sambutan pada acara Grand Opening 3rd Soekarno Coffee Fest Blitar 2024 di halaman Kantor Wali Kota Blitar, Jumat 12 Juli 2024 malam.

“Tahun ini Soekarno Coffee Fest, alhamdulillah sudah masuk 15 besar non KEN, semoga tahun depan event ini dapat masuk setidak-tidaknya masuk 8 besar event KEN yang dilaksanakan Menparekraf,” harapnya.

Lebih lanjut Wali Kota Santoso mengungkapkan, mengapa Kota Blitar menyelanggarakan festival kopi, tidak lain karena Bung Karno sebagai sang Proklamator yang dimakamkan di Kota Blitar, beliau adalah pecinta kopi.

“Bung Karno adalah sebagai pecinta Kopi tubruk. Mantan pengawal Bung Karno yaitu Mangil Martowidjojo yang menulis buku bertajuk kesaksian tentang Bung Karno yang menceritakan keseharian dari Ir Soeakarno, salah satu kebiasaan Bung Karno adalah mengkonsumsi kopi tubruk,” terangnya.

Wali Kota Blitar menambahkan, tidak terasa Soekarno Coffee Fest Blitar sudah berjalan selama tiga tahun. Soekarno Coffee Fest yang pertama dilaksanakan launching kopi tubruk Bung Karno, Soekarno Coffee Fest kedua dilaksanakan launching lagu Soekarno inspirasi dan secangkir kopi dan tahun 2024 ini Soekarno Coffee Fest digelar untuk ketiga kalinya mengangkat tema “Mari Berdjalan Teroes”.

Menurutnya, tema tersebut bagaimana untuk membumikan kebiasaan minum kopi ala Soekarno terus dilaksanakan dari tahun ke tahun tidak mengenal lelah. Selain itu juga menggerakkan ekonomi daerah salah satunya kepada pelaku UMKM.

“Event ini juga berkolaborasi dengan beberapa daerah delegasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) wilayah IV, dimana pada tahun Kota Blitar menjadi tuan rumah raker komwil IV Apeksi.” jelasnya.

Baca Juga  Rakornis TMMD Ke - 117 TA. 2023 Lampung

Dalam kesempatan itu, Santoso juga menyampaikan terima kasih kepada para wali kota dari 13 daerah di Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB yang telah berkenan menghadirkan dan mengisi stan-stan di event Soekarno Coffee Fest Blitar.

Sekedar informasi, pembukaan event Soekarno Coffee Fest 2024 yang digelar mulai 11-14 Juli 2024 itu ditandai dengan penuangan air ke cangkir yang berisikan bubuk kopi yang dilakukan oleh sejumlah pejabat yang hadir, diantaranya Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreatifitas Kemenparekraf, Deputi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Kabinet RI, Wali Kota Blitar, Wakil Wali Kota, Forkopimda, Sekda, Direktur Eksekutif Apeksi, perwakilan kota anggota Komwil IV Apeksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *