Walikota Blitar Santoso Buka Launching Sentra IKM Agrowisata Blimbing Karangsari 

Beritatrends,Blitar Kota –  Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) menyelenggarakan dialog interaktif peluang ekspor Industri Kecil Menengah (IKM), sekaligus melaunching sentra IKM di Agrowisata Blimbing Karangsari, Kamis (13/09/2024).

Kepala Disperindag Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan bahwa dialog interaktif peluang ekspor bagi IKM ini merupakan alternatif jalan keluar atas kendala yang dihadapi pelaku usaha. Misalnya tentang akses pemasaran, kualitas produksi, dan lainnya.

“Dialog interaktif peluang ekspor bagi IKM ini sebagai upaya untuk memberikan jalan keluar kendala yang dihadapi bagi pelaku usaha di Kota Blitar pada umumnya dan memiliki peran yang penting terkait pertumbuhan ekonomi” jelasnya.

Saat ini IKM di Kota Blitar semakin aktif, berkembang dan mampu menghasilkan produk yang layak ekspor. Seperti industri kendang, wajik klethik, opak gambir, pande besi, batik, dan lain – lain. Untuk itu dalam dalam dialog tersebut, pihaknya manghadirkan materi tentang ketentuan ekspor impor, dokumen apa saja dalam ekspor – impor hingga kebijakan ekspor impor.

Selain dialog interaktif, agenda ini juga diisi dengan launching Sentra IKM Agrowisata Blimbing Karangsari untuk olahan blimbing. Peluncuran ini diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Blitar. Terlebih lagi, sesuai data produk domestik regional bruto (PDRB) yang merupakan salah satu perangkat data ekonomi, pertumbuhan ekonomi IKM di Kota Blitar tahun 2023 menyumbang investasi sekitar 98 persen.

Sementara itu, Walikota Blitar berharap acara dialog interaktif peluang eksport IKM yang digelar oleh Disperindag Kota Blitar ini, dapat memberikan ilmu dan pengetahuan bagi pelaku IKM. Dengan begitu, pelaku IKM di Kota Blitar semakin paham langkah – langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas usahanya.

Baca Juga  Cek Lokasi Yang Diduga Tempat Judi, Hasilnya Zonk !

“Untuk pembinaan di Agrowisata Blimbing agar para IKM mampu meningkatkan hasil produksi sehingga dapat melakukan ekspor impor sesuai dengan kelayakan produknya” ujar orang nomor satu di Kota Blitar itu.

Dalam kesempatan ini, Walikota Blitar bersama Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar memberikan bantuan alat produksi sejumlah pelaku makanan dan minuman, serta memberikan sertifikasi hak cipta pada pelaku batik di Kota Blitar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *