Walikota Madiun : Proses Rujakan Bersama 408 Ibu Hamil Cara Penurunan Stanting

Wali Kota Madiun saat menyuapi para peserta Ibu Hamil saat acara Rujakaan Ibu Hamil

Beritatrends, Madiun  – Dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kota Madiun, Pemerintah Kota Madiun menyelenggarakan Rujakan Ibu Hamil serta memberikan edukasi terhadap ibu dan janin serta langkah dalam mencegah stunting demi terwujudnya generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan berkualitas di Ngrowo Bening Kota Madiun, Selasa (22/11/2022)

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Madiun Drs. H. Maidi. SH. MM. Mpd berserta ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun, Wakil Wali Kota Madiun, jajaran Forkopimda, Sekertaris Daerah Kota Madiun, segenap anggota DPRD Kota Madiun, kepala OPD dan seluruh peserta Ibu Hamil Kota Madiun.

Dalam rujakan Ibu Hamil tersebut Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun membuatkan rujak untuk ibu hamil dan juga dibagikan paket sehat untuk ibu hamil sebanyak 408 paket.

Salah satu peserta rujakan Ibu Hamil Lucky mengatakan, setidaknya merasa terbantu untuk pemenuhan gizi Ibu Hamil dalam rangka pencegahan mari stop stunting, programnya bapak wali itu.

“Jadi mulai terpantau dari Ibu Hamil sampai nanti bayinya lahir, jadi terpantau gizinya agar mengurangi stunting itu sendiri,”ungkap Lucky.

Lucky berharap semoga tidak di tahun ini saja untuk tahun-tahun berikutnya, untuk Ibu Hamil berikutnya ada kegiatan seperti ini lagi.

“Jadi di Kota Madiun sudah tidak ada stunting lagi,”Pungkas warga Kelurahan Pilangbango itu.

Ditempat yang sama Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, saya mencoba untuk generasi ke depan, mulai dari proses sudah kita perhatikan.

Mulai dari Sunatan harus sehat. Kedua, dia jadi manten, kita manten bersama.

“Pola-pola kegiatan keagamaan dijalankan. Habis itu dia hamil, hamil ini sendiri biar nanti bayinya lahir itu unggul, bayinya lahir calon SDM yang tinggi, maka sejak proses ini kita perhatikan, salah satunya ibu hamil itu pasti nyidam, rujakan,”papar Maidi.

Maidi menambahkan hari inilah bahwa proses rujakan bersama ada 408 ibu yang hamil, alhamdulillah kita punya kebun buah disini.

Maka kebun buah ini kita gratiskan ibu hamil di Kota Madiun. Setiap pagi ambil buah bebas.

Ini proses yang nantinya menuju anak yang hari ini ada stunting, walaupun sedikit sudah kita tekan. Kita kasih gizi. Tapi anak yang belum lahir juga kita ramut, kita kasih gizi ibu hamilnya.

Sehingga hari ini setiap minggu saya kasih paket makanan bergizi dengan nilai per paket ada Rp. 450 ribu rupiah.

“Selama 4 bulan ini, stunting dan ibu hamil, semuanya, makanan bergizinya, susunya, semuanya kita cukupi. Jadi ibu-ibu yang punya anak stunting dan ibu hamil sudah tidak mikir masalah belanja lagi. Mudah-mudahan sampai akhir tahun nanti bisa kita selesaikan,”pungkas Maidi Wali Kota Madiun

Pos terkait