220 Orang Tua Magetan Diwisuda dalam Program SOTH

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 220 peserta dari 10 desa dan kelurahan di Kecamatan Magetan diwisuda dalam acara Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

Acara wisuda ini dihadiri dan dikukuhkan langsung oleh Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, di Pendopo Surya Graha, Minggu (04/08/2024).

Pj. Bupati Magetan menyatakan rasa bangganya atas terselenggaranya wisuda ini.

“Ini adalah suatu kebanggaan karena kita sudah menyiapkan ibu atau orang tua yang hebat. Kita berharap dengan adanya SOTH, kita akan mendapatkan generasi yang lebih berkualitas,” ujarnya.

Hergunadi juga menekankan pentingnya peran ibu dalam mendampingi anak-anak. Setelah lulus, para peserta diharap dapat menyampaikan ilmu yang mereka peroleh kepada lingkungan sekitar dan terus menambah pengetahuan.

“Makin banyak ilmu yang dimiliki, generasi muda pasti makin baik dan bisa bersaing,” tandasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPKB-PPPA) Magetan, Miftahuddin menjelaskan, program SOTH gagasan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merupakan terobosan strategis dalam memberikan pendidikan intensif dan bertahap kepada para orang tua.

Program ini terdiri dari 13 kali pertemuan tatap muka, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental ibu dalam mengasuh anak.

“Hal ini penting karena 80% kualitas manusia ditentukan pada 1000 hari pertama kehidupan, yang dikenal sebagai masa golden age,” ujarnya.

Fasilitator dari lintas sektor turut berperan serta dalam menyukseskan program ini, dengan kurikulum yang mencakup parenting, pemenuhan gizi seimbang, pertumbuhan anak, dan lainnya.

Program ini diharapkan terus berkelanjutan untuk memastikan semakin banyak orang tua yang mendapatkan manfaat dan mampu membimbing generasi penerus dengan baik.

Baca Juga  Persiapkan Program Doyan Baca untuk Masyarakat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *