490 Calon Jamaah Haji Asal Magetan Tahun 2023, Tertua 94 Tahun dan Termuda 20 Tahun

Ilustrasi Calon Jamaah Haji Asal Magetan Tahun 2023, Tertua 94 Tahun dan Termuda 20 Tahun

Beritatrends, Magetan – Ibadah Haji merupakan salah satu kewajiban bagi umat islam yang harus dilakukan, setidaknya sekali seumur hidup yang secara fisik dan finansial mampu melaksanakannya.

Ditahun 2023 ini, Calon Jamaah Haji asal Magetan yang akan diberangkatkan bersama oleh Pemerintah Kabupaten Magetan sebanyak 490 jamaah haji.

Seperti yang diutarakan Nur Wahyudi, Anggota DPRD Magetan Komisi C bahwa telah mengadakan Rapat Dengar Pendapat terkait dengan persiapan pemberangkatan calon jamaah haji asal Magetan tahun 2023. Jumat (12/05/2023)

“Tadi telah diadakan rapat dengar pendapat terkait dengan persiapan pemberangkatan calon jamaah haji asal Magetan sekaligus mengevaluasi dan mengimprementasikan Perda No 05 Tahun 2013 terkait penyelenggaraan fasilitas haji untuk Jamaah di Magetan,” jelas Nur Wahyudi.

Nur Wahyudi, Anggota DPRD Magetan Komisi C

Calon Jamaah haji asal Magetan yang akan diberangkatkan di tahun 2023 ini berjumlah 490 jamaah, dan pelunasannya terbaik di Jawa Timur.

“Kabupaten Magetan dalam pemberangkatan jamaah haji tahun 2023 ini pelunasannya terbaik di Jawa Timur, dan untuk calon jamaah haji yang tertua berumur 94 tahun, sedangkan yang termuda berumur 20 tahun,” ucap Nur Wahyudi.

Sesuai dengan kebijakan Pemerintah bahwa tema pemberangkatan haji tahun 2023 ini Jamaah Haji Ramah Lansia, yang mana ada aturan bahwa setiap daerah harus mengambil porsi 5 persen dari lansia, yang memiliki arti bahwa harus ada calon jamaah haji diatas umur 70 / 80 tahun dan harus menjadi perhatian dari semuanya.

“Pemerintah Kabupaten Magetan mengalokasikan anggaran untuk jamaah haji asal Magetan, yang mana meliputi transportasi dari berangkat hingga pulang, konsumsi, pengawalan kepolisian, kesehatan, dan juga identitas yang berupa batik khas Magetan, semuanya telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan,” kata Nur Wahyudi.

Nur Wahyudi berharap kepada semua calon jamaah haji agar betul-betul menyiapkan diri, hati, ilmu, dan fisiknya agar menjadi jamaah haji yang mabrur.

“Pesan dari Bupati Magetan bagi jamaah haji asal Magetan yang berangkat sejumlah 490 jamaah ini nanti berangkatnya selamat dan lengkap, pulangnya pun juga selamat dan lengkap,” imbuh Nur Wahyudi.

Nur Wahyudi membenarkan bahwa adanya calon jamaah haji yang batal berangkat. “Memang ada yang batal berangkat, ada yang meninggal dunia, ada yang sakit, dan ada juga yang terkendala faktor ekonomi disaat pelunasannya,” terang Nur Wahyudi.

“Kami dari Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Magetan yang membidangi hal ini berharap agar jamaah haji tahun 2023 asal Magetan yang berangkat bisa melaksanakan ibadah Haji dengan tenang, nyaman, dan selamat, pulangnya pun juga selamat dan menjadi haji yang mabrur,” tutup Nur Wahyudi.

Pos terkait