54 Panwascam Magetan Dilantik

54 pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwascam) dari 18 Kecamatan di Magetan resmi dilantik, Kamis (27/10/2022) di Pendopo Surya Graha.

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 54 pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwascam) dari 18 Kecamatan di Magetan resmi dilantik, Kamis (27/10/2022) di Pendopo Surya Graha.

Sebelumnya dilantik, 54 Panwascam ini telah melalui berbagai tahapan proses seleksi, diantaranya adalah pendaftaran, tes tulis CAT secara online, dan wawancara.

Bupati Magetan Suprawoto yang hadir pada kegiatan tersebut berpesan kepada Panwascam yang dilantik untuk mensuport proses berjalanya Pemilu. Karena menurutnya Pemilu bukan hanya KPU sebagai penyelengara, namun Bawaslu sebagai pengawas dan masyarakat berpartisipasi.

“Supaya suport terhadap KPPS, dan di kecamatan. Semua harus di suport, karena Pemilu ini bukan hanya gawe nya KPU saja,” ujar Suprawoto.

Ditambahkannya, partisipasi masyarakat bakal menentukan pemimpin yang berkualitas.

“Pemilu yang berkualitas adalah yang partisipasi masyarakatnya baik, termasuk partisipasi dalam mengawasi,” ungkap Bupati Magetan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Magetan, Hendrat Subyakto mengatakan, setelah dilantik Panwascam akan dilakukan koordinasi internal dengan Bawaslu. Salah satunya dengan pemilihan ketua dan membagi divisi

“Kemudian sara dan prasarana di kecamatan harus mereka persiapkan, salah satunya kantor di kecamatan supaya bisa ada,” ungkapnya.

Lanjutnya, Bawaslu lebih kepada ranah untuk pengawasan dan penegakan hukum untuk pemilu. Tugas tersebut akan sangat berat jika pihaknya tidak bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Magetan.

Baca Juga  Ketua DPD LPAKNRI Projamin Lampung Hadiri Rapat kordinasi dan konsulidasi Dalam Rangka persiapan Deklarasi Tim pemenangan Sergap

Pos terkait