Ajak Media Magetan Kawal Pilkada, KPID Jatim : Boleh Berpihak, Tapi Pada Rakyat

Beritatrends, Magetan – Komisioner KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Jawa Timur, Sundari menekankan pentingnya peran media dalam mengawal Pilkada 2024.

Ia mengajak seluruh media untuk berpihak pada kepentingan rakyat atau pemilih dengan menyampaikan informasi yang edukatif dan akurat, serta menjernihkan berita dari hoax dan kampanye hitam.

Ajakan ini disampaikan dalam acara media gathering bertajuk ‘Peran Pers Kawal Pilakda Edukatif Menjernihkan Informasi’ yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Mbah Djoe Resort, Rabu (31/07/2024).

“Saya menghimbau pada media berpihak boleh tapi berpihaknya harus pada rakyat, kepada pemilih, sehingga informasi yang disampaikan benar-benar diperlukan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Sundari, iming-iming iklan dapat menjadikan media berpihak pada calon tertentu, sehingga dikhawatirkan tidak mencakup berbagai kelompok masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga menyoroti polarisasi yang dapat membahayakan demokrasi. “Kadang, meskipun media sudah menyampaikan informasi dengan benar, karena tidak sesuai dengan preferensi calon yang dipilih, masyarakat tidak percaya. Ini sangat berbahaya,” tambahnya.

Tantangan lain, lanjut Sundari, yang tak kalah penting adalah mengenai berita hoax yang banyak beredar di media sosial.

“Sementara pemilih terbesar adalah Gen Z yang lebih banyak mengakses informasi melalui media sosial daripada media mainstream. Tantangan bagi kita adalah bagaimana semua pemilih, termasuk Gen Z, lebih fokus pada media massa mainstream yang diawasi oleh Dewan Pers dan KPID (penyiaran), sehingga informasi lebih tertata dan memiliki code off conduct,” jelasnya.

Masyarakat dihimbau memahami ciri-ciri informasi hoax yang biasanya bersifat provokatif, dibuat dengan nada negatif, serta sumbernya tidak jelas. Ia juga mengingatkan tentang teknologi AI yang mampu mengubah suara dan gambar semirip mungkin, padahal sebenarnya palsu.

Baca Juga  Pemkab Karo Sidak Kelangkaan Minyak Goreng

“Harapan saya, media massa dapat membantu masyarakat jika ada informasi hoax yang beredar,” pungkas Sundari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *