Amankan Nataru, Polres Magetan Gelar Ops Lilin Selama 12 Hari

Beritatrends, Magetan – Selama 12 hari kedepan, Polres Magetan akan menggelar Operasi Lilin Semeru 2023. Operasi ini akan berlangsung mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, dalam rangka pengamanan perayaan natal dan tahun baru (nataru).

Kapolres Magetan AKBP Satria Permana mengatakan, operasi ini bersifat humanis.

“Kami mengedepankan prinsip kepolisian bersifat himbauan, preemtif maupun preventif. Tentunya tetap didukung ada penegakan hukum namun yang edukatif,” ujar Kapolres, usai apel gelar pasukan Ops Lilin Semeru, di halaman Mapolres Magetan, Kamis (22/12/2023).

Kapolres menjelaskan, saat perayaan natal, operasi akan dilakukan dalam bentuk sterilisasi tempat ibadah, hingga memantau terjaminnya keamanan saat ibadah berlangsung.

Sementara saat perayaan tahun baru, pihak kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas, baik di dalam kota maupun tempat keramaian.

Lebih jauh, lanjut Kapolres, untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal di tempat wisata, akan dilaksanakan patroli pengamanan. Selain itu, juga akan dilakukan kajian terkait rekayasa untuk antisipasi terjadinya laka lantas.

“Namun untuk mencegah terjadinya laka lantas, faktor penting juga dari pengemudinya itu sendiri, baik kondisi fisik maupun psikisnya juga harus disiapkan sebelum berkendara,” himbau AKBP Satria.

Dalam operasi kali ini, Polres Magetan akan menerjunkan sebanyak 247 personil gabungan, baik dari Polri, TNI, Satpol PP dan Damkar, Dishub, Dinkes, BPBD, hingga ormas.

Selain itu, Pos Pelayanan (Pos Yan) maupun Pos Pengamanan (Pos Pam) juga telah disiapkan. Diantaranya Pos Yan Terminal Maospati dan Pos Yan Cemoro Sewu. Sementara Pos Pam berada di Mandoran, Sarangan, Refugia, Alun-alun Magetan, Stasiun Magetan, Rest Area Sukowidi A, serta Rest Area Sukowidi B.

Pos terkait