Anggota DPRD Jawa Timur Diana Amaliyah verawatingsih, Menghadiri Penetapam Tari Jalak Lawu

Diana Amaliyah Verawatingsih anggota DPRD Jawa Timur Komisi A

Beritatrends, Magetan – Anggota DPRD Jawa Timur Komisi A Diana Amaliyah Verawatingsih, menghadiri Penetapam Tari Jalak Lawu, Penetapan Gedung Kesenian dan Pengukuhan Pengurus Kesenian Magetan (Dasima) Periode (2022 – 2027) Kabupaten Magetan, Selasa (2/8/2022)

Disela-sela berlangsungnya acara Sasa panggilan akrab Diana Amaliyah Verawatingsih mengatakan, pihaknya mengucapkan selamat pada temen-temen Dewan Kesenian Magetan atau DESIMA dan ditetapkannya tari Jalak Lawu sebagai tari khas Kabupaten Magetan serta penggunaan gedung Tripandita sebagai gedung kesenian.

“Ini adalah sebuah awal yang cukup baik karena para seniman sudah punya legalitas, sebelumnya sudah ada tapi dengan bergantinya kepengurusan ini tentu kita berharap akan ada kemajuan-kemajuan yang lebih baik, tentang bagaimana kesenian-kesenian, baik tradisional maupun konten porer maupun yang kekinian itu bisa berkembang lebih baik di Magetan,”ucapnya.

Untuk tari Jalak Lawu ini ada satu upaya yang perlu kita apresiasi baik masyarakat dan kawan-kawan seniman sebuah karakter khas tari tidak harus bernuansa lama, artinya konten porer buatan barupun tidak mengapa itu adalah sebuah karya putra daerah yang layak diapresiasi dan mudah-mudahan ini bisa diterima oleh masyarakat dan bisa menjadi brendingnya Magetan untuk kedepannya.

Sedangkan untuk gedung kesenian kita berharap pemkab. segera mengalokasikan dana supaya gedung keseniannya menjadi lebih baik, sudah legal, tentu pemkab ya yang nantinya akan punya banyak acara, akan memakai Tari Jalak Lawu sebagai tari pembukaan.

Sebagai pejabat publik tentu juga akan menggunakan Tari Jalak Lawu, cuman masalahnya Jalak Lawu itu butuh ruang yang agak besar sementara kami kalo pertemuan tempatnya bisanya kecil, mungkin Jalaknya satu atau dua gitu.

“Nanti kita coba diskusikan dengan teman-teman seniman, sarannya semua dinas, sekolah sekolah mulai menggunakan tari Jalak Lawu sebagai tari penyambutan,”pungkas Sasa

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Ponorogo, Bupati Ponorogo Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2021

Pos terkait