Penetapan Tari Jalak Lawu, Gedung Kesenian dan Pengukuhan Pengurus Dasima Kab. Magetan

Bupati Magetan saat Penetapan Tari Jalak Lawu, Gedung Kesenian dan Pengukuhan Pengurus Dasima Kab. Magetan 

Beritatrends, Magetan – Setiap daerah tentunya memiliki icon tersendiri termasuk produk unggulan, kali ini pemerintah Kabupaten Magetan melalui Desima menggelar Penetapan tari Jalak Lawu, penetapan gedung kesenian dan pengukuhan pengurus dewan kesenian Magetan (DESIMA) di gedung kesenian Tripandita, Jalan Basuki Rahmat Selatan pada hari Selasa (2/08/2022)

Kesenian Tari Jalak Lawu asli Magetan, Tari Jalak Lawu ditetapkan sebagai warisan budaya oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH, M.Si. Penetapan kesenian yang berkembang pada masa kerajaan Mataraman Islam ini, sebagai upaya pelestarian kekayaan budaya Jawa Timur.

Penetapan Tari Jawa Lawu sebagai warisan budaya tak benda oleh Bupati Magetan itu diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudaya dan Pariwisata Magetan Joko Trihono dalam acara Penetapam Tari Jalak Lawu, Penetapan Gedung Kesenian dan Pengukuhan Pengurus Kesenian Magetan (Dasima) Periode (2022 – 2027).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Magetan Dr. Drs. H.Suprawoto. SH. MSi, Asisten dan Staf ahli Bupati Magetan, sekertaris jendral dewan kesenian jawa timur, pengageng dari kraton Jogjakarta,kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magetan dan OPD terkait.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si berharap pengurus baru dengan semangat yang baru dan dengan adanya organisasi baru akan lebih jelas.

Bupati menambahkan, akan mensuport kesenian supaya menjadi semarak, kemudian akan lebih mengembangkan kesenian di Magetan, beliau berharap setiap daerah yang ada di Magetan mempunyai tarian khas.

Beliau menjelaskan, tari Jalak Lawu di tetapkan mulai dari gerakan, kostum, filosofinya akan di Patenkan mulai dari TK sampai SLTA diwajibkan mempelajari tarian Jalak Lawu.

Baca Juga  Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sampang, Agenda Nota Penjelasan Bupati Terhadap 2 Raperda Dan 4 Usulan Raperda Inisiatif

“Beliau juga mengucapkan banyak terimakasih atas dedikasinya DESIMA supaya lebih semangat memajukan dan membawa nama baik Magetan, selain tari Jalak Lawu, seni lukis dan kesenian lainnya juga akan di kembangkan di Kabupaten Magetan,” pungkasnya.

Pos terkait