Anggota Jaga Rutan Magetan Ikuti Latihan Menembak

Asah Kemampuan Anggota Jaga, Rutan Magetan Gelar Latihan Tembak.

Beritatrends, Magetan – Menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan dan Lapas adalah salah satu kewajiban Petugas Pemasyarakatan.

Keahlian dan keterampilan dalam penggunaan alat pengamanan seperti metal detector, tongkat, senjata api, mutlak dimiliki setiap individu.

Berangkat dari hal tersebut, pagi ini, Rabu (15/06/2022), Rutan Magetan bekerja sama dengan Kodim 0804 Magetan untuk menggelar latihan bersama penggunaan senjata api di Lapangan Tembak Secata Rindam V/Brawijaya.

Dipimpin langsung Kepala Pengamanan Rutan, Didi Rahmadi, sebanyak 31 petugas anggota jaga, 13 CASN 2021 dan 2 Taruna Poltekip mengikuti kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB tersebut.

Dalam briefing yang disampaikan, Didi Rahmadi menerangkan bahwa jenis senjata api yang digunakan oleh Petugas Pemasyarakatan berbeda dengan senjata api yang digunakan pihak kepolisian dan TNI.

Perbedaan paling mencolok terletak pada peluru yang digunakan, dimana Petugas Pemasyarakatan menggunakan peluru berbahan karet yang mana tujuannya hanya melumpuhkan saja.

“Dengarkan dan perhatikan baik-baik setiap arahan dan instruksi yang disampaikan. Meski pelurunya berbahan karet, tetap harus hati-hati dalam penggunaan senjata tersebut,” tegas Ka.KPR.

Peserta pelatihan tampak serius mengikuti setiap rangkaian kegiatan, terlebih bagi para CASN 2021 yang merupakan pengalaman pertama mereka dalam memegang dan menggunakan senjata api.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan aman. “Besar harapan kami untuk lebih intens lagi dalam giat latihan menembak dan berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan kedepannya,” Pungkas Didi Rahmadi menutup kegiatan kali ini.

Baca Juga  SMK Yosonegoro Magetan Mengadakan Ekstra Taruna

Pos terkait