KPU Magetan Gelar Nonton Bareng Launching Tahapan Pemilu 2024

KPU Magetan Gelar Nonton Bareng Tahapan Launching Tahapan Pemilu 2024

Beritatrends, Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Kegiatan ini dikuti secara virtual oleh KPU Kabupaten Magetan, bersama perwakilan partai se-kabupaten Magetan, Forkopimda Magetan, Dinas terkait, Bawaslu Magetan, Pimpinan Parpol Se Kabupaten Magetan, Ketua Ormas dan Tokoh
Masyarakat di Aula KPU Magetan, Selasa (14/6/2024) malam.

“Kita KPU Kabupaten Magetan mengikuti launching ini secara daring dengan Nonton bareng bersama,” terang Fahrudin, Ketua KPU Magetan, usai kegiatan.

Dijelaskanya, launching tahapan ini menandai bahwa jadwal Pemilu Serentak Tahun 2024 telah di mulai, sesuai time schedulle yang sudah dirancang KPU sebagai
pedoman bersama.

“Tahapan ini berlaku baik bagi penyelenggara Pemilu, Pengawas Pemilu, Peserta Pemilu dan Stakeholder yang lain,” jelasnya.

Masih kata Fahrudin, usai peluncuran tahapan pemilu serentak 2024 pada hari ini, dalam waktu dekat juga akan kita lakukan pendaftaran partai politik.

“Selanjutkan kita lakukan verifikasi partai politik, Insya Allah akhir tahun kita sudah menetapkan partai politik peserta pemilu,” ucapnya.

Secara garis besar Tahapan Pemilu Tahun 2024 adalah sebagai berikut :

1. Perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu.

2. Pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih.

3. Pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu.

4. Penetapan peserta pemilih.
5. Penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan.

6. Pencalonan presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota.

7. Masa kampanye pemilu.
8. Masa tenang.
9. Pemungutan dan penghitungan suara.

10. Penetapan hasil Pemilu dan
11. Pengucapan sumpah janji.

Ditambahkan oleh Fahrudin, terkait perubahan jumlah partai dan perubahan dapil kabupaten bisa terjadi dengan berbagai pertimbangan diantaranya yakni jumlah DPT (Daftar Pemilih tetap) dan kondisi masyarakat. Nanti akan kita bahas bersama dengan partai politik dan stakeholder yang ada.

“Mari kita sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024.
Pemilih berdaulat negara kuat,” pungkasnya.

Sementara, Aries Yanuar Putra selaku Ketua DPD Perindo Magetan yang juga turut mengikuti nonton bareng mengucapkan terimakasih kepada KPU Magetan dengan acara launching Tahapan Pemilu 2024.

Hal ini dinilainya sangat penting, karena sebagai partai baru, agar komunikasi dengan KPU Magetan tetap terjalin.

“Sampai hari ini Perindo Magetan sudah selesai verifikasi Internal, kita sudah ada di 18 Kecamatan dan telah menyetorkan 1000 kartu anggota yang telah dikirim DPP untuk di daftarkan ke Sipol. Jadi untuk kesiapan verifikasi, Partai Perindo sudah sangat siap, tinggal menunggu jadwal dari KPU. “Lanjutnya.

Aries menargetkan pada Pemilu 2024, DPD Perindo Magetan bisa meraih 5 kursi anggota DPRD Kabupaten Magetan.

“Kalau berbicara mengenai target, idealnya kami menargetkan setiap dapil meraih 1 kursi, jadi total di Kabupaten Magetan kami menargetkan 5 kursi untuk Pemilu 2024. Namun target tersebut tentunya tergantung kerja keras seluruh caleg dan jajaran DPD serta DPC,” Tutupnya.

Pos terkait