Antisipasi Penyebaran PMK Hewan Ternak, Polres Magetan Bersama Dinas Terkait Laksanakan Pengecekan Di Pasar Pahingan

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka mendukung Program Pemerintah terkait penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, Polres Magetan bersama Dinas Peternakan Magetan melaksanakan kegiatan Pengecekan Terhadap Hewan Ternak Di Pasar Pahing Desa Selopanggung Ngariboyo, Rabu (11/5).

Petugas gabungan melaksanakan pengecekan dan pemberian suntikan vitamin dan disinfektan terhadap hewan ternak yang ada di pasar Selopanggung serta memberikan edukasi dan sosialisasi terkait PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) kepada para pedagang hewan sapi dan kambing

Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha SIK MSi saat dikonfirmasi mengungkapkan jika sesuai arahan pimpinan, pihak Kepolisian akan bersinergi dengan Dinas peternakan serta dinas terkait untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini lagi banyak dibicarakan terkait penularan di beberapa daerah di Indonesia.

“Kita akan terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas peternakan dan perikanan Magetan untuk pendataan guna menginvetarisasi kerawanan penyakit ternak dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di Magetan. ” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolres Magetan menjelaskan jika kegiatan pengecekan secara acak ke pasar-pasar hewan di Kabupaten Magetan dilakukan menyusul ditemukannya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) hewan ternak di beberapa daerah di Jawa Timur.

“Dibeberapa kota di Jawa Timur sudah ditemukan beberapa kasus PMK pada hewan ternak, kita segera mengantisipasinya berkoordinasi dengan dinas terkait terutama dinas peternakan dan perikanan agar tidak sampai ada penyebaran di Magetan,” jelasnya.

Kapolres Magetan mengungkapkan jika pihaknya siap bekerja sama dengan Dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Magetan serta melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi dan kambing dengan terus memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang.

Baca Juga  Tangis Garu Kembali Terjadi Disaat KSJ Kembali Gelar Undian Umroh Gratis

Dari kegiatan bersama patroli pengecekan hewan ternak sampai saat ini belum ditemukan kasus PMK di wilayah Kabupaten Magetan.
Dalam kegiatan hari ini dilakukan di pasar Pahingan Desa Ngariboyo, petugas dari Dinas peternakan Magetan telah memberikan suntikan vitamin dan disinfektan terhadap 100 ekor sapi dan 50 ekor kambing.

Pos terkait