Bakesbangpol Magetan Gelar Rakor Penanganan Konflik Sosial Jelang Nataru dan Pemilu 2024

Rakor Penanganan Konflik Sosial Jelang Nataru dan Pemilu 2024

Beritatrends, Magetan – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Magetan Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Sinergisitas antara pemerintah bersama stakeholder terkait di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha, Kamis (14/12/2023).

Acara ini digelar dalam rangka penanganan konflik jelang natal dan tahun baru (nataru) dan Pemilu 2024.

“Melalui sinergi ini diharapkan dapat menggerakkan semua potensi satuan kerja untuk secara efektif memetakan dan mengatasi potensi gangguan keamanan jelang Pemilu,” jelas Kepala Bakesbangpol Magetan, Chanif Tri Wahyudi.

Masih di tempat yang sama, Pj. Bupati Magetan Hergunadi mengingatkan pentingnya kesiapan menghadapi nataru dan Pemilu. Pun terhadap potensi yang perlu dilakukan kewaspadaan.

Ia berharap, setiap komponen memiliki kemampuan deteksi dini, siap, tanggap dan sigap dalam merespon setiap dinamika yang terjadi di masyarakat. Sehingga setiap potensi yang mengarah kepada konflik dapat segera teratasi dengan baik.

“Diperlukan upaya-upaya agar setiap potensi yang akan muncul dapat diantisipasi, terlebih dinamika sosial, politik, ekonomi dan budaya yang selalu mengalami perubahan, dan seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi,” terang Hergunadi.

Terakhir, pihaknya juga mengajak agar seluruh elemen saling bersinergi memastikan keberhasilan pelaksanaan pesta demokrasi mendatang.

“Mari bersama mempertahankan wilayah yang adem, ayem, dan kondusif karena memang dibutuhkan. Dengan demikian diharapkan tidak sampai terjadi gangguan keamanan sejak menjelang sampai dengan pasca pelaksanaan Pemilu serentak 2024,” ajaknya.

 

Pos terkait