Bazar Sembako Murah Alumni Smanisda

Poltekkes Kerta Cendekia Berdayakan Masyarakat Awam Dalam Penanganan Pertama Tersedak dan Henti Jantung

Beritatrends, Sidoarjo – Dosen dan mahasiswa dari Poltekkes Kertacendikia Sidoarjo melakukan pengabdian masyarakat (19/12/2021). Kegiatan ini juga melibatkan Joeragan Sociopreneur Smanisda (Joss) dalam rangka Bazar Sembako Murah alumni Smanisda.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi untuk memberikan pengetahuan dan melatih ketrampilan masyarakat awam melalui pijat jantung dan penanganan pertama tersedak. Selain dilakukan senam sehat jantung dan cek kesehatan gratis.

Dosen Poltekkes Kerta Cendekia Bidang Kegawatdaruratan dan Keperawatan Medikal Bedah yaitu Dini Prastyo Wijayanti S.Kep.,Ns.,M.Kep dan Meli Diana, S.Kep.,Ns.,M.Kes melatih peserta dengan metode simulasi.

Henti jantung bisa terjadi kapan saja dan dimana saja menurut Dini. Sehingga penanganan kegawatdaruratan di luar rumah sakit oleh awam secara cepat dan tepat bisa meningkatkan survival penderitanya. “Saya berharap banyak masyarakat awam yang paham ilmu ini. Sehingga bisa melakukan pertolongan pertama kasus henti jantung terutama pada kondisi covid-19.” Imbuhnya.

Kegiatan yang dilakukan sesuai protokol kesehatan ini diikuti masyarakat dengan antusias. Sambil belajar sambil belanja di Bazaar. Menikmati jajanan dan sembako murah sekaligus dapat ilmu yang bermanfaat.

Pos terkait