Beda Tidak Seperti Biasanya, Namun Tak Mengurangi Nilai Sakral Dalam Ziarah Makam Leluhur di Hari Jadi Magetan ke 346

  • Whatsapp

Makam Maduretno 

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi atau Hari Ulang Tahun Kabupaten Magetan yang ke-346 sangat berbeda dengan peringatan sebelumnya.

Sedangkan pada Peringatan yang ke 346 tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Magetan melaksanakan rangkaian ziarah makam tujuh leluhur tokoh pendiri Kabupaten Magetan. Selain ziarah juga membagikan paket sembako kepada warga sekitar makam, sebelum kegiatan dilaksanakan, transit dulu di pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan, Senin(4/10/2021).

Pelaksnaan ziarah makam tujuh leluhur tokoh pendiri Kabupaten Magetan di pecah menjadi 5 tim :

Untuk tim 1 melaksanakan ziarah ke Makam Ki Mageti dan Makam Kertonegoro yang dipimpin langsung oleh Bupati Magetan diikuti oleh Dansecata, Sekdakab, Assisten II, Camat Magetan, Kabag Prokopim.

Sedang tim 2 ziarah ke makam Makna Yosonegoro dan Makam Nrang Kusumo dipimpin oleh Wakil Bupati Magetan diikuti oleh Kajari, Asisten 1, kadinsos, Kadin Parbud

Untuk tim 3 ziarah ke Makam Maduretno dipimpin oleh Ketua DPRD bersama Wakil Ketua 1, 2 dan 3 diikuti Sekretaris Dewan, Kabag Kesra

Untuk tim 4 ziarah ke Makam Ronggogalih dipimpin oleh Komandan Kodim 0804 bersama Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, staf ahli 2, Kepala BKD, Kadis Perindag

Dan tim 5 ziarah ke Makam Purwodiningrat dipimpin oleh Kapolres Magetan bersama Forkopimda Lanud Iswahyudi, Asisten III, Kepala Kesbangpol, Kadin PMD, Kasi Dinsos

Ketua DPRD Kabupaten Magetan Sujatno SE. MM mengatakan, hari ini rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Magetan ke 346, salah satunya hari ini ziarah leluhur Kabupaten Magetan ke Makam Gusti Ayu Maduretno yang ada Di Desa Giripurno. Tentunya ini merupakan bentuk dari menghargai para leluhur, yang ada di Kabupaten Magetan, saat ini mengunjungi atau ziarah ke makam Gusti Ayu Maduretno. Tentunya ada rangkaian – rangkaian yang lain dan juga ada rangkaian Napak tilas Jalan dari Ngunut – Parang ke Magetan dan lain-lain.

“Harapan dengan kegiatan ini tentunya untuk mendongkrak ekonomi, menurutnya secara garis besar itu ada 3 peranan yang pertama sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Yang kedua sektor pariwisata dan yang ke 3 sektor UMKM. Dengan ada situs-situs bersejarah seperti ini tentunya bisa sekali dijadikan untuk destinasi wisata, jadi wisata religi,”terangnya.

Pihaknya berkoordinasi dengan Kepala Dinas PUPR, terbukti jalan-jalan sudah di dibenahi sudah di perbaiki tentu dalam rangka untuk menjadikan situs pariwisata. Sektor Pariwisata bisa memberikan edukasi kepada masyarakat syukur-syukur bisa memberikan pemberdaya ekonomi dan lingkungan karena efeknya nanti ekonomi masyarakat sekitar.

Didalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Magetan ke 346 pihaknya berharap Magetan lebih maju masyarakatnya dan lebih sejahtera, tentunya didalam memberikan pelayanan-pelayanan ke masyarakat lebih optimal, sesuai dengan tugas dan fungsi dari pemerintah kabupaten baik Pak Bupati, dari DPRD dan di bantu oleh teman-teman OPD serta kepada semua yang telah memberikan pelayanan ke masyarakat yang terbaik.

Pos terkait