Proyek Penanganan Longsor Kali Gandong Magetan Sudah Hampir Selesai

  • Whatsapp

Jalan Thamrin dan Belakang Masjid Agung Baitussalam

Beritatrends, Magetan – Kali Gandong merupakan sungai yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Gandong yang bagian hulunya merupakan Gunung Lawu dan hilirnya terletak di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Luas DAS Kali Gandong adalah 158.05 km2. Pada tanggal 21 Januari 2021 telah terjadi banjir di Kelurahan Magetan, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang menyebabkan longsoran Tebing Sungai Gandong.

Berkaitan dengan kejadian banjir tersebut, ditemukan 3 lokasi longsor yang memerlukan penanganan di sepanjang Kali Gandong di Kabupaten Magetan yakni di Jalan Thamrin, Belakang Masjid Agung Magetan dan di Makam Ki Mageti. BBWS Bengawan Solo melakukan penanganan di tiga titik longsor Kali Gandong tersebut.

Progres penanganan longsor di Kali Gandong, Magetan sudah hampir selesai penanganan yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Magetan turut memantau dan memperkirakan proyek bakal selesai tahun ini.

Pantauan Media Beritatrends.co.id selama pekerjaan dilaksanakan, pekerjaan tetap dilakukan sesuai dengan instruksi di PPKM Darurat, kalau pekerjaan fisik 100 persen boleh masuk.

Pengerjaan harus segera dilakukan untuk meminimalisir efek yang terjadi di musim hujan nanti. Apalagi hampir sepanjang tebing Kali Gandong rawan longsor.

Dan banyak warga yang menanganinya secara mandiri, kali ini untuk tiga titik yang jadi di tempat umum, maka Pemerintah baru memperbaikan tahun ini dengan anggaran Rp 26 miliar, harus bisa menyelesaikan dalam enam bulan.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si mengatakan, pihaknya berusaha minta bantuan ke Pusat, kita tahu bahwa kondisi Negara sedang sulit. Oleh sebab itulah agak mundur pelaksnaannya, Alhamdulillah sekarang sudah diperbaiki.

“Menurut laporan yang saya terima dan saya sudah cek dilapangan itu sudah hampir selesai dan mudah-mudahan bisa menyelesaikan masalah banjir yang sebelah selatan, itu masuk ke Kali Gandong,”terang Suprawoto.

Dan mudah-mudahan Tahun ini embung yang ada di Ringin Agung itu bisa berfungsi walaupun belum maksimal, karena tahun depan akan dikeruk dipedalaman, memang anggaran terbatas karena kena refocusing untuk biaya penanganan Covid, sehingga ada beberapa yang dikorban di beberapa program.
Penanganan Longsor di tiga titik yang adan di Kali Gandong : Jalan Thamrin, Belakang Masjid Agung Magetan dan di Makam Ki Mageti diperkirakan sekitar akhir Oktober atau November itu sudah selesai, karena kemarin itu terkendala hujan dan saat pengerjaan beberapa kali hujan.

Saat pengerjaan proyek Kali Gandong ini sangat berbahaya kalau pas hujan, makanya kemarin agak muntur laporannya waktu saya cek dilapangan,

“Proyek Kali gandong itu untuk menahan supaya tidak berbahaya, itukan belakanganya Masjid Agung, terus kemudian yang ke 2 Makam Ki Mageti dan itu sudah mepet dengan bangunan gedung yang ada di Bekas Bank jatim, Gedung miliknya Pengadilan Agama,”pungkas Bupati Suprawoto.

Pos terkait