Bentuk Rasa Syukur, Warga Getasanyar Gelar Kirab Tumpeng

Bentuk Rasa Syukur, Warga Getasanyar Gelar Kirab Tumpeng.

Beritatrends, Magetan – Dalam perayaan bersih Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan punya tradisi unik dalam menggelar rangkaian bersih desa. Yang menjadi ciri khas desa Getasanyar adalah arak-arakan Tumpeng dawuhan dan hasil bumi serta hasil pertanian, yang di iringi Kesenian Reog.

Ratusan warga sangat antusias mengikuti Kirab Tumpeng, Rabu (10/8/2022). dengan mengenakan atribut ala jawa, warga Getasanyar setelah melakukan kirab dilanjutkan berkumpul di sumber mata air Kahuripan desa untuk melakukan selamatan.

“Tradisi bersih desa desa dilakukan selain melestarikan budaya, tradisi bersih desa atau kirab tumpeng sedekah bumi ini dilakukan juga sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME, supaya kita semua khususnya warga Desa Getasanyar selalu diberi rejeki,” ujar Hariyadi, Kepala Desa Getasanyar.

Tradisi bersih Desa Getasanyar merupakan warisan budaya leluhur yang rutin dilakukan setiap tahun sebagai wujud syukur atas berkah yang melimpah yang harus tetap dilestarikan oleh masyarakat Getasanyar.

Selain selamatan yang diikuti oleh penduduk, ada juga ritual lain yang  dilakukan oleh warga yakni menyembelih hewan kambing yang laksanakan di area sumber mata air itu.

“Selain itu, sudah menjadi kebiasaan penyembelihan hewan kambing di mata air Kahuripan saat bersih desa, yang langsung kita masak dan olah, dan kita bagikan kepada warga,” imbuhnya.

Hariyadi menambahkan harapannya ke depan, agar masyarakat Desa Getasanyar selalu memperoleh berkah yang melimpah dari sumber mata air desanya itu. Kemudian, sumber mata air itu juga tetap awet dan terus mengeluarkan airnya untuk kebutuhan semua masyarakat.

“Semoga warga desa Getasanyar memperoleh hasil bumi yang melimpah dan sumber air yang selalu mengalir untuk memenuhi kebutuhan para petani Desa Getasanyar sehingga masyarakat sejahtera,” tutupnya.

Pos terkait