Bimbingan Manasik Haji 2023, di Pendopo Kabupaten Blitar

Mak Rini Buka Bimbingan Manasik Haji 2023,Di Pendopo Kabupaten Blitar

Beritatrends, Blitar – Bupati Blitar Rini Syarifah membuka bimbingan manasik haji bagi para calon jamaah haji (CJH) se Kabupaten Blitar. Acara bimbingan manasik massal ini di gelar di Pendopo Sasana Adhi Projo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, Jumat (19/5/2023).

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam sambutannya menghimbau kepada para calon jamaah haji untuk disiplin pada saat manasik haji, saat berangkat hingga sampai menginjak di tanah suci.

“Saya Mohon bapak ibu jangan sampai ketinggalan dengan kelompoknya atau rombongannya. Ikuti arahan ketua regu, rombongan atau kloter,” ucapnya.

Bupati Blitar yang akrab disapa Mak Rini menghimbau agar para jamaah Kabupaten Blitar khususnya, saat di tanah suci tidak melakukan foto atau berselfie.

“Saya minta tolong jangan seneng selfie nggih. Nah ini yang pernah disinggung beberapa waktu yang lalu oleh imam Masjid Nabawi. Beliau menyampaikan bahwa jamaah Indonesia katanya paling suka berselfie,” pesan Mak Rini kepada calon jamaah haji.

Masih kata Mak Rini, Padahal saat berfoto tidak berdoa terus menyuruh temannya untuk menggambil gambarnya. Nah lantas dishare ke media sosial. Padahal dia tidak berdoa,” tuturnya.

Sekali lagi Bupati terus mengingatkan agar jamah haji untuk benar – benar mengurangi berfoto selfie saat ibadah secara fisik atau saat thowaf..

“Karena saya takut apabila hape panjenengan jatuh, bingung nyari handphonenya, tidak melihat yang dibelakang sana padat. Sudah di ikhlaskan saja kalau sampai terjatuh. Maka dari itu jangan membawa handphone,” jelasnya.

Bupati Blitar juga me wanti-wanti kepada para jamaah, agar supaya memperbanyak minum air putih, mengingat cuaca disana panas.

“Banyak- banyak minum air putih ya, itu minum air zam zam,” pinta Bupati.

Baca Juga  SPAB dan SRPB Jatim Adakan Latihan Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat di Bangkalan

Lebih lanjut Mak Rini mengingatkan kembali, selain para jamaah dimohon datangnya tepat waktu juga diharap betul-betul untuk mempersiapkan tidak ada yang ketinggalan.

“Saya mohon diteliti barang bawaannya, takutnya sudàh sampai sini ada tasnya yang ketinggalan, nanti bolak balik yang akhirnya tidak konsentrasi untuk berangkat haji dan karena saat ini masa tahun politik mohon doanya kabupaten Blitar selalu adem, ayem tentrem. Semuanya berjalan dengan harapan tidak ada kendala apapun,” harap Mak Rini.

Untuk diketahui pada tahun 1444 Hijriyah atau tahun 2023 M Kabupaten Blitar memberangkatkan Calon Jamaah Haji sebanyak 766 orang, yang dibagi menjadi 2 kelompok terbang (kloter).

Kabupaten Blitar masuk dalam kloter 12 dan kloter 13, masing-masing kloter 12 sebanyak 455 CJH dan kloter 13 sebanyak 321 CJH.

Pos terkait