Keseruan Pengunjung Bermain Air di Wisata Bronjong Way Lima Pesawaran

Bermain Air di Wisata Bronjong Way Lima

Beritatrends, Pesawaran Lampung – Menikmati keseruan river tubing di aliran sungai yang segar nan alami ala Wisata Bronjong Way Lima Pesawaran, Minggu (21/05/2023).

Destinasi Wisata Bronjong berlokasi di Kabupaten Pesawaran, tepatnya di Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan. Untuk memudahkan pencarian di Google Maps bisa menggunakan kata kunci “Bronjong Way Lima Pesawaran”. Sedangkan untuk menuju ke sana, dapat ditempuh dalam waktu kisaran 50 menit dari Kota Bandar Lampung.

Kata Bronjong sendiri berarti anyaman kawat dengan susunan batu di dalamnya yang dibentuk balok atau kotak, yang biasanya digunakan sebagai tanggul penahan tanah untuk mencegah longsor. Sedangkan nama sungai yang menjadi tempat wisata Bronjong adalah sungai Way Padang Ratu.

Keseruan pengunjung bermain air di wisata Bronjong Way Lima Pesawaran, Minggu tanggal 21/05/2023,sangatlah jelas bawa destinasi wisata sungai Bronjong merupakan salah satu tempat wisata yang masih banyak diminati oleh kalangan pengunjung baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan diluar daerah

Pengawas wisata Bronjong Way Lima, Maryono mengatakan bahwa tempat rekreasi ini sudah sekitar dua tahun dibuka. “Yang kita tawarkan di destinasi wisata ini adalah rekreasi air di sungai yang masih alami. Para pengunjung bisa sekedar menikmati suasana alam dengan suara gemericik air, bermain air atau berenang, serta hanyutan atau river tubing menggunakan ban sebagai pelampung,” ujarnya.

Wisata Bronjong sendiri dikelola oleh desa Cipadang. Demikian juga dengan berbagai usaha di dalamnya, seperti sejumlah pedagang, penyewa jasa ban, hingga motor ATV berasal dari masyarakat desa.

Wisata di aliran air sungai tersebut tergolong aman, karena aliran air yang tidak terlalu deras dan tidak terlalu dalam. Namun, disarankan bagi pengunjung yang membawa serta buah hatinya untuk tetap dalam pengawasan, demi keamanan.

Baca Juga  Dituduh Selingkuh dan di Sebar Melalui Media, Oknum Dokter TNBS Akan Buat Laporan Dugaan Pencemaran Nama Baik Melalui Elektronik  Ke Polisi

Wisata Bronjong buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 18.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya, pengunjung dikenai tarif sebesar Rp 5.000 perorang. Dan jika ingin menggunakan ban sebagai pelampung saat bermain air, pengunjung dapat menyewanya dengan harga Rp 5.000 sampai Rp 10.000 sesuai dengan ukuran ban. Penyewaan ban pelampung untuk river tubing di Wisata Bronjong Way Lima,

Aliran sungai yang digunakan sebagai wisata river tubing, memiliki panjang sekitar 200 meter. Jadi pengunjung harus sedikit berjalan ke bagian hulu sungai, dan kemudian menikmati sensasi mengapung mengikuti aliran sungai menggunakan ban pelampung.

Jika lelah bermain river tubing, pengunjung juga bisa menikmati berendam di air sungai yang merupakan aliran dari pegunungan. Kesegaran dan suara gemericiknya bisa menjadi sarana relaksasi melepas penat dari segudang aktivitas para pengunjung.

“Spot foto wisata Bronjong Way Lima Pesawaran, Minggu selain wisata air, di tempat ini juga menawarkan serunya mengendarai motor ATV mengelilingi tanah lapang yang ada di dekat sungai. Untuk penyewaannya, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp 20.000 per 15 menit. Penyewaan motor ATV di Wisata sungai Bronjong,”jelasnya

Jika sudah puas dengan wahana wisata, pengunjung juga dapat menikmati aneka makanan yang dijajakan melalui warung-warung yang dikelola oleh masyarakat setempat warung yang berada di Wisata Bronjong Way Lima Desa Cipadang

Pengunjung juga dapat berswafoto memasuki aliran sungai, serta gapura bertuliskan Wisata Bronjong.

Sebagai penutup, Maryono selaku pengawas wahana wisata Bronjong mengatakan bahwa tempat tersebut masih dalam pembenahan. Karena memang dikelola secara swadaya oleh Pokdarwis yang bekerjasama dengan pihak PTPN VII Way Lima sebagai pemilik kawasan.

“Di Wisata Bronjong sendiri belum ada guide khusus yang mengawasi wisawatan saat berada di sungai, ban pelampung belum dilengkapi tali sebagai pegangan, serta peraturan bagi pengunjung saat berada di area wisata. “Ini masih terus kita benahi ke depan, demi keamanan dan kenyamanan pengunjung,”pungkasnya.

Pos terkait