BPJS Kesehatan Luncurkan Program PESIAR di Magetan, Dorong Peningkatan Partisipasi Peserta JKN

 

Beritatrends, Magetan – Guna memperluas cakupan dan meningkatkan partisipasi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan meluncurkan program PESIAR (Petakan, Sisir, Advokasi, Registrasi) di Desa Sempol, Maospati, Magetan, Jawa Timur, Kamis (25/07/2024).

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Madiun, Wahyu Dyah Puspitasari, menjelaskan bahwa program PESIAR ini melibatkan 13 desa di Kabupaten Magetan sebagai pilot project.

Para kepala desa pun telah menunjuk agen PESIAR yang telah menerima pelatihan sejak Juni lalu. Tugas mereka adalah memetakan dan menyisir secara door to door, sekaligus memastikan kepesertaan JKN para warga telah sesuai dengan segmennya.

“Jika masih ada warga yang belum menjadi peserta, advokasi akan dilakukan untuk mendaftarkan mereka sebagai peserta JKN,” jelas Wahyu.

Wahyu mengungkapkan bahwa agen PESIAR memiliki peluang besar dalam mendukung pencapaian Universal Health Coverage (UHC).

BPJS Kesehatan disebut juga akan mendukung kebutuhan para agen PESIAR. Pada bulan Agustus mendatang, BPJS Keliling akan difokuskan ke desa-desa lokasi PESIAR untuk memberikan layanan administrasi dan informasi terkait JKN kepada masyarakat.

“Harapannya, ketika agen membutuhkan bantuan untuk mengedukasi masyarakat atau jika ada warga yang ingin melakukan layanan administrasi, kami siap memberi bantuan melalui BPJS Keliling dan BPJS Online,” tambah Wahyu.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, yang turut hadir dalam acara tersebut, sangat mendukung dan menekankan pentingnya program ini.

Dengan target 98% kepesertaan JKN di setiap desa sebelum akhir tahun 2024, ia berharap program ini bisa segera diperluas ke desa-desa lainnya.

Menurut Hergunadi, program PESIAR tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan jumlah peserta JKN, tetapi juga untuk memetakan kebutuhan dan memberikan motivasi kepada masyarakat yang mampu untuk bergabung secara mandiri.

Baca Juga  Bahas Empat Raperda Non APBD 2022 Ketua DPRD Kabupaten Madiun : Tim Pansus Harus Cermat

“Harapannya, dengan adanya agen PESIAR, semangat gotong royong dan partisipasi masyarakat dalam program JKN akan semakin meningkat,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *