Brokohan Usai Kirab Pancasila 2023

Dewan Seni dan Budaya Kab Blitar Gelar Brokohan Usai Kirab Pancasila 2023

Beritatrends, Blitar – Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar (DSBKB) bersama tokoh-tokoh budaya dan tokoh masyarakat Kabupaten Blitar menggelar Brokohan Pancasila dengan puluhan tumpeng dan nasi takir, seusai kirab yang mendapat perhatian dan animo luar biasa dari masyarakat Kabupaten Blitar, di Alun-alun Kankab Kanigoro Blitar, Kamis 01 Juni 2023 malam.

Gelaran Kirab dan Brokohan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke 78 pada 1 Juni 2023 tahun ini.

Hadir mewakili Bupati Blitar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Eka Purwanta MM, Anggota DPR RI Partai Nasdem Nurhadi serta beberapa perwakilan pengurus Partai dan Kades Kaur Se-Kanigoro, juga perwakilan dari OPD.

Ketua Panitia Kirab dan Brokohan Pancasila Kabupaten Blitar Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono dalam sambutannya mengatakan, Alhamdulillah perjalanan dari kegiatan ini lancar ,aman, terkendali dan semuanya sesuai harapan.

“Acara tadi siang dari pelepasan oleh Kepala Perpustakaan Bung Karno sampai Kampung Pancasila Desa dan di terima oleh Kepala Desa Gaprang lalu di dilanjut oleh peserta Kirab dengan berjalan kaki menuju Alun-Alun Kankab Kanigoro dan diterima oleh Ketua Dewan Seni Budaya Kabupaten Blitar,” papar Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono.

Peserta adalah para budayawan, pengiat seni, dan seluruh kepala desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Kanigoro yang juga di hadiri oleh Mantan Bupati Blitar Rijanto.

Dan malam ini kita melaksanakan Brokohan di hari lahir Pancasila yang ke 78 di Alun-alun Kanigoro ini, sebagai wujud syukur masyarakat Kabupaten Blitar.

“kami sebagai panitia juga memohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada sesuatu hal yang kurang berkenan, karena kami baru ditunjuk mendadak 10 hari sebelum pelaksanaan acara ini,” ungkap Bagas.

Dan kami juga sangat prihatin dengan tidak adanya anggaran dan kurangnya perhatian dari pemerintah yang diterima oleh Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar hingga saat ini.

“Kamipun meminta kepada pemerintah daerah agar Dewan Seni dan Budaya di Kabupaten Blitar ini bisa mendapat perhatian dan dukungan anggaran di tahun 2024 nanti.Karena para pencinta seni dan budaya yang ada di kabupaten Blitar ini kiranya juga butuh dukungan terutama dukungan anggaran dari pemerintah, agar kesenian dan budaya khususnya di Kabupaten Blitar ini bisa lebih maju dan berkembang,” tegas Bagas.

Lanjutnya, dalam kesempatan ini saya juga berharap, kepada para wakil rakyat dan pemerintah daerah dukungan dari anda semua yang diharapkan oleh para seniman dan budayawan yang ada di Kabupaten Blitar.

Eka Purwanta mewakili Bupati Blitar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menyampaikan, sebelumnya mewakili ibu Bupati Blitar menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya karena hari ini belum bisa hadir karena berbarengan dengan tugas beliau diluar kota.

“Kami mewakili pemerintah tentunya akan terus mendukung kegiatan acara Kirab dan Brokohan memperingati hari lahir Pancasila, melalui Dewan Seni dan Budaya dan para seniman dan budayawan serta masyarakat Kabupaten Blitar ini,” ungkap Eka.

Lebih lanjut, ucap Eka Pemerintah Kabupaten Blitar dan Ibu Bupati juga menyampaikan terimakasih atas kekompakan inisiasi masyarakat Kabupaten Blitar dalam peringatan hari lahir Pancasila ke 78 ini.

“Sehingga nilai-nilai Pancasila bisa dimaknai dengan gotong royong yang luar biasa, dengan banyaknya antusias warga masyarakat dan adik-adik semua, hadir dalam acara Brokohan Pancasila ini,” kata Eka.

Menanggapi permintaan rekan – rekan budaya dan seni melalui panitia Kirab dan Brokohan ini, tentunya akan saya sampaikan kepada ibu Bupati Blitar, dan semoga hal tersebut bisa terealisasikan.

“Dengan harapan, di tahun-tahun mendatang acara peringatan hari lahir Pancasila akan lebih banyak lagi di hadiri masyarakat dan bisa semakin lebih semangat dan tambah meriah lagi,” pungkas Eka.

Pos terkait