Buka Pendaftaran Panwascam, Bawaslu Magetan Bedakan Kategori Existing dan Pendaftar Baru

Beritatrends, Magetan – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, tengah melakukan rekrutmen terhadap anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kali ini Bawaslu melakukan rekrutmen dengan membagi ke dalam dua kategori, yakni pendaftar existing dan pendaftar baru.

Koordinator Sumber Daya Manusia (SDM), Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan Bawaslu Magetan, Eka Juwita Haryani menjelaskan, kategori pendaftar existing merupakan peserta yang berasal dari anggota Panwaslu Kecamatan, yang saat ini telah dan atau sedang melaksanakan tugas pengawasan Pemilu 2024.

“Tapi ada mekanisme evaluasi kinerja dari Bawaslu Magetan. Jadi mereka masih layak atau tidak sesuai catatan kinerja di Pemilu kemarin,” jelasnya.

Menurut Eka, sistem existing ini sah lantaran memang telah sesuai dengan aturan di Perbawaslu Nomor 4 Tahun 2020.

Penerimaan Panwascam kategori existing telah dibuka sejak tanggal 23 April kemarin hingga tanggal 02 Mei 2024. Sedangkan untuk penerimaan Panwascam pendaftar baru, akan dibuka pada tanggal 03-25 Mei mendatang.

“Kalau untuk peserta pendaftar baru ya sebaliknya. Mereka yang bukan ataupun belum menjadi panwascam pada pemilu tahun 2024 kemarin,” kata Eka.

Meski dibedakan, diprediksi tidak semua Panwascam lama akan menjabat kembali pada Pilkada nanti. Untuk itu pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk ikut menjadi bagian Panwascam pada Pilkada 2024.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Magetan, Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2021

Pos terkait