Bukan Hanya Tahun Politik Saja, DPUPR Magetan Anggarkan Stimulan Aspal Ditiap Tahunnya

kepala dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kabupaten magetan, Ir. Muchtar Wahid

Beritatrends, Magetan – Jalan yang nyaman dan aman sangatlah menjadi prioritas bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, pasalnya dengan jalan yang baik masyarakat merasa nyaman dan aman saat melintasi kawasan tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan ditiap tahunnya terus melakukan perbaikan jalan guna memberikan kenyamanan bagi pengendara yang melewati kawasan Magetan.

Mulai dari jalan desa hingga Kabupaten terus dilakukan pemeliharaan jalan ditiap tahunnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan, Ir. Muchtar Wahid mengatakan aspal ini ada dua kode rekening, yang pertama kode rekening untuk pemeliharaan rutin jalan, di Magetan ini ada sekitar 683 kilometer jalan yang setiap saat harus dipelihara, sehingga kebutuhan aspal untuk pemeliharaan paling tidak butuh 3.000 drum yang harus disiapkan. Jumat (15/12/2023)

“Yang kedua kode rekening untuk hibah kepada masyarakat, yang PAPBD 2023 ini ada hibah untuk masyarakat yang pengadaannya di PAK ini, itu bagian dari stimulan untuk memelihara jalan di Kabupaten yang statusnya jalan desa atau kelurahan, jadi adanya aspal ini untuk pemeliharaan rutin untuk jalan Kabupaten dan juga untuk stimulan kepada masyarakat,” jelas Kepala DPUPR Magetan. Jumat (15/12/2023)

Stimulan ini fungsinya besar, karena dengan diberikannya stimulan aspal masyarakat akhirnya mempunyai kepedulian, kemampuan swadaya yang dikerjakan oleh masyarakat, sehingga itu bisa meringankan beban pemerintan untuk pemeliharaan jalan.

“Stimulan ini digunakan untuk jalan-jalan desa, yang jalan desa itu sebenarnya juga bagian dari pembinaan pemerintah, tetapi kita bisanya memberikan hibah, selebihnya tenaga dan material yang lain di swadaya oleh masyarakat, sehingga dengan stimulan ini pemerintah Kabupaten Magetan terbantu dengan adanya swadaya masyarakat,” imbuh Muchtar Wahid.

Baca Juga  Rapat Paripurna Ke-7 Masa Sidang I Tahun 2023 DPRD Kab. Landak

Politik itu tidak masalah, yang terpenting Politik yang mengarah kepada kepentingan masyarakat, Negara kita ini tidak bisa lepas dengan Politik yang terpenting mengarah kepada kepentingan masyarakat, dan itu legal serta itu dibenarkan oleh aturan yang berlaku.

“Sebetulnya pembenahan aspal ini bukan hanya mendekati tahun politik saja, aspal ini berlangsung setiap tahun ada, dan ini sudah berjalan beberapa tahun lamanya, dan setiap tahun stimulan ini sudah ada, hanya kebetulan saja bersamaan dengan tahun politik, jadi kalau dikait-kaitkan ya tidak apa-apa, tapi bukan hanya ketika tahun politik saja aspal itu ada namun setiap tahun stimulan aspal itu selalu ada, justru ditahun ini sebetulnya lebih sedikit karena anggarannya terbatas sehingga persediaan aspal untuk hibah ini tidak sebanyak tahun-tahun yang lalu,” turur Muchtar Wahid.

Kepala DPUPR Magetan Ir. Muchtar Wahid mengatakan dari 683 kilo jalan di Magetan baru 77 persen dalam kondisi baik, masih ada 23 persen yang masih dalam keadaan rusak, sehingga masih diperlukan anggaran yang cukup banyak untuk bisa memperbaiki kekurangan tersebut.

“Jalan-jalan desa yang menjadi kewenangan desa dan kelurahan ini PU hanya bisa membantu dengan stimulan aspal bisa melalui hibah, namun anggarannya juga terbatas. Masyarakat – masyarakat yang ingin jalannya diperbaiki nanti bisa mengajukan bantuan hibah aspal selama persediaan masih ada,” tutup Muchtar Wahid.

Pos terkait