Bupati Blitar Buka Acara Rapat Koordinasi Pendamping Desa dan Pendampng Lokal Desa se-Kabupaten Blitar Serta Halal 

Rapat Koordinasi Pendamping Desa dan Pendampng Lokal Desa se-Kabupaten Blitar Serta Halal 

 

 

 

Beritatrends, BLITAR , – Bupati Blitar Rini Syarifah membuka rapat koordinasi Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa se-Kabupaten Blitar serta Halal Bihalal, Jumat (26/04/2024) di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN).

 

Turut hadir dalam acara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar; Saudara Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar; Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Se Kabupaten Blitar.

 

Dalam sambutanya Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan, Alhamdulillah, pada penanggalan 25 April ini, yang orang bilang tanggalnya sudah tua, kita semua masih mendapat berkah sehat, sehingga dalam bulan Syawal ini kita semua bisa bersua, bersilaturahmi dalam kegiatan halal bihalal. Untuk itu monggo kesehatan dan kesempatan yang telah kita terima ini, kita syukuri dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga kesehatan, kebahagiaan dan keberkahan senantiasa menyertai kita semua.

 

“Sholawat serta salam marilah juga kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang syafaatnya kita nantikan hingga yaumil akhir. Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Blitar, saya mengucapkan Taqobballahuminna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, taqobbal ya Kariim. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin. Semoga setiap khilaf, salah baik sengaja maupun tidak bisa lebur termaafkan dalam silaturahmi ini, menjadikan kita lebih bersemangat, dalam membaktikan diri pada masyarakat,” jelas Rini Syarifah.

 

 

Dan dalam kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih, apresiasi kepada seluruh pendamping desa yang sampai saat ini masih tetap semangat untuk turut membangun desa, meskipun masing-masing desa mempunyai tantangan yang berbeda-beda. Namun tentunya dengan semangat yang panjenengan miliki dan niat tulus ikhlas, seluruh hambatan bisa teratasi. Kuncinya panjenengan tetap menjalin komunikasi dengan baik bukan hanya dengan pemerintah desa dan pengurus lembaga desanya saja, namun tokoh masyarakat juga tokoh agamanya.

Baca Juga  Pasar Murah di HUT Pemda Kab. Landak Ke-24 Tahun

 

“Dan hal yang tidak kalah penting adalah panjenengan bisa andhap asor (rendah hati) serta memahami pepatah Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung tinggi, yang artinya bahwa seseorang sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat ia tinggal atau mengabdikan diri,” ucapnya.

 

Bupati Blitar Rini Syarifah bersama para Pendamping Desa se-Kabupaten Blitar yang hadir di rapat koordinasi Pendamping Desa.

Lanjut Rini Syarifah, saya juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras panjenengan, karena berkat kegigihan panjenengan semua, berdasarkan informasi yang saya terima Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar bahwa pada Tahun 2023, desa mandiri yang ada di Kabupaten Blitar ini 64 desa, desa maju sebanyak 152 desa, desa berkembang 4 desa, dan Alhamdulillah sudah tidak ada lagi desa tertinggal maupun sangat tertinggal.

 

“Untuk itu, monggo terus membangun sinergi dan kolaborasi bersama Pemerintah Desa supaya seluruh desa yang ada di kabupaten kita ini semuanya mandiri. Saya juga minta panjenengan terus meningkatkan peran dalam pendampingan desa. Panjenengan harus mampu meningkatkan pemahaman warga dalam memanfaatkan dana desa untuk pembangunan yang berkelanjutan,” imbuh Rini Syarifah.

 

Karena peran pendamping desa penting untuk memastikan dana digunakan secara benar, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan prioritas desa. Selain itu saya berharap, panjenengan memberikan pemahaman warga tentang dana desa, karena akan meningkatkan partisipasi warga mulai dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang sesuai kebutuhan. Guna menuju desa yang mandiri, sejahtera dan berkelanjutan, jangan lupa selalu ingatkan Pemerintah desa agar selalu berjalan memakai regulasi yang telah ditetapkan, sehingga mereka aman dari jerat hukum. Karena tidak sedikit, Kepala Desa atau perangkat desa yang terjebak dalam masalah hukum.

Baca Juga  FSPSPKR Dikukuhkan Bupati Rohil

 

Ajak Pemerintah Desa supaya selalu transparan kepada masyarakat. Dorong pula untuk membranding potensi yang dimiliki. Untuk itu monggo melalui kegiatan hari ini, panjenengan bisa saling share informasi satu dengan yang lain. Agar dalam setiap pelaksanaan tugas bisa lebih baik, membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Blitar.

 

“Kiranya itu yang dapat saya sampaikan. Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirohim, rapat koordinasi Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa se Kabupaten Blitar bisa dimulai. Tetap sehat dan semangat semuanya, untuk membangun desa menuju Indonesia emas, Indonesia maju,” pungkasnya.

Pos terkait