Bupati Magetan : Program IBM Sangat Menyentuh Masyarakat dan Kualitasnya Sangat Bagus

Evaluasi Program IBM Melalui Rapat Koordinasi

Beritatrends, Magetan – Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Magetan menggelar Rapat Koordinasi Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kabupaten Magetan, di Magetan Park, Selasa (22/11/2022).

Berdasarkan informasi, bahwa Kabupaten Magetan pada tahun 2022, mendapatkan alokasi pendanaan melalui Program IBM (Infrastruktur Berbasis Masyarakat). Program tersebut mendapat dana alokasi sebesar Rp 9.954.294.000,- dari Kementerian PUPR.

Dari jumlah dana tersebut, telah digunakan untuk beberapa program diantaranya sebagai berikut :

  • 1. Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang tersebar di Desa Ronowijayan, Sugihwaras, dan Kauman.
  • 2. Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), tersebar di 4 kecamatan dan 8 desa, antara lain di Kecamatan Panekan, Bendo, Kartoharjo, dan Takeran.
  • 3. Program Tempat Pengolahan Sampah – Reduce Reuse Recycle (TPS 3R), tersebar di Desa Mantren, Bulu, Temboro, Sumberdodol, Kelurahan Lembeyan Kulon, dan Kelurahan Sarangan.
  • 4. Program Sanitasi Berbasi Masyarakat (SANIMAS), di Desa Madigondo
  • 5. Program Sanitasi Lembaga Pendidikan Keagamaan (Sanitasi LPK), di salah satu Pondok Pesantren Pelajar Permata Budiharjo, Desa Buluharjo.
  • 6. Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal (IPAL Komunal), tersebar di Desa Genilangit, Kerik, dan Sukowidi.

Menurut Kepala Bappeda Litbang, Elmy Kurnianto Widodo, menyatakan bahwa program tersebut berasal dari kebutuhan masyarakat. “Berasal dari masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat sendiri,” terangnya.

Sedangkan tingkat keberhasilannya nanti tergantung dengan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) pemelihara dan pemanfaatannya di kelurahan dan desa.

Di samping itu, Bupati menyatakan bahwa dana alokasi ini sangat diperlukan karena bernilai besar, terlebih Magetan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang kecil.

Bupati juga mengapresiasi atas terselesainya program tersebut. “Saya selalu memantau, program ini sangat menyentuh masyarakat dan kualitasnya sangat bagus,” jelasnya.

Ia berharap agar tahun depan mendapat dana alokasi semacam ini. “Hari ini evaluasi pelaksanaan. Mudah-mudahan tahun depan dapat lagi,” kata Bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Kepala OPD dan Camat, Kepala Desa /Kelurahan, Kelompok Masyarakat, Fasilitator, Pendamping, dan tamu undangan lainnya.

Pos terkait