Bupati Ponorogo Buka Bintek Penyusunan Master Plan Smart City

Bupati Ponorogo Kang Sugiri membuka bintek penyusunan master plan smart city

Beritatrends, Ponorogo – Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko membuka bimbingan teknis penyusunan master plan (rencana induk) smart city di hotel Maesa, Rabu (8/6).

“Kita berharap Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu dari 50 daerah yang ditetapkan Kemenkominfo untuk menyusun master plan smart city tahun ini. Untuk itu, koordinasi lintas sektor perlu segera dilaksanakan guna terwujudnya smart city, “kata Kang Sugiri.

Kang Sugiri menambahkan, apalagi, Ponorogo memiliki sejumlah potensi kota cerdas bersamaan face-off (bedah wajah) kawasan jalan HOS Tjokroaminoto, jalan Jenderal Sudirman, dan jalan Urip Sumoharjo. Selain itu, program internet gratis hingga tingkat rukun tetangga (RT) akan mempercepat tercapainya smart city.

‘’Tuntutan zaman yang serba cepat serta perkembangan digitalisasi yang begitu pesat membuat kita harus mampu mengimbanginya, “imbuhnya.

Sementara itu, Profesor Marsudi Wahyu Kisworo dari Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional mengatakan bahwa smart city sebagai upaya membangun kawasan agar modern dan maju dengan penerapan teknologi. Guna meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, mulai kesehatan hingga ekonomi yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

‘’Teknologi digital juga diterapkan untuk kemudahan pelayanan masyarakat. Tidak lagi harus antre, bahkan bisa gratis. Smart city juga memungkinkan penerapan teknologi digital di sektor pertanian, perdagangan, dan pariwisata. Seperti face-off sejumlah ruas jalan di Ponorogo bisa jadi memunculkan pedestrian mall. Juga obyek wisata Telaga Ngebel sebagai potensi yang menjanjikan, dan monumen dan museum reog yang akan berdiri di Sampung nanti. Ketika smart city terbentuk, investasi yang masuk ke daerah akan bisa berlipat, “pungkasnya.

Pos terkait