Bupati Rohil Afrizal Sintong :  Menghadiri Rapat Koordinasi Gubernur Se Sumatera

Rapat Koordinasi Gubernur Se Sumatera.

Beritatrends, Rohil –  Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SiP – Wabup H Sulaiman SS MH menghadiri Rapat Koordinasi Gubernur se Sumatera di Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (30/6/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Premier jalan Sudirman juga mengikutsertakan para Bupati dan Walikota se Provinsi Riau.

Tujuan dari Rakor tersebut untuk meningkatkan sinergitas dalam berbagai sektor antar wilayah se Sumatera, banyak hal yang dirumuskan dalam sebuah kesepakatan dan di tanda tangani oleh semua Gubernur se Sumatera nanti nya.

Adapun beberapa pokok pembahasan dan permasalahan yang dirapatkan diantaranya, belum optimalnya pengembangan potensi unggulan berbasis sumberdaya alam.

Belum optimalnya integrasi konektivitas intrawilayah dan antarwilayah dan belum optimalnya hub internasional sebagai pintu gerbang perdagangan barang dan jasa.

Kemudian belum optimalnya pengelolaan dan kualitas belanja APBD dan dana Otonomi Khusus Aceh, masih tingginya ketimpangan pembangunan terutama wilayah Sumatera bagian barat, dan tingginya tingkat kemiskinan terutama pada wilayah sumatera bagian utara.

Belum adanya pusat perdagangan komoditas (trading pause)yang terintegrasi, serta masih rendahnya perkembangan usaha koperasi dan UKM sebagai dasar penguatan struktur perekonomian lokal.

Belum stabilnya harga komoditi karet dan sawit yang diikuti dengan turunnya kualitas produk, serta kurang kompetitifnya harga gas untuk kegiatan industri sehingga menghambat laju produktivitas industri.

Masih terdapatnya praktik penangkapan ikan ilegal (illegal fishing), serta praktik penanaman, perdagangan dan pemanfaatan tanaman ganja secara ilegal.

Tingginya potensi konflik pada kawasan perbatasan Natuna, khususnya di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) serta masih rentannya ketahanan fisik dan sosial atas perubahan iklim, bencana, polusi dan abrasi pantai khususnya pulau-pulau di perbatasan negara, serta rentan terhadap kesenjangan sosial dan kemiskinan pedesaan dan perkotaan.

Pada kesempatan ini Bupati Afrizal Sintong SiP yang didampingi Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin berharap dengan adanya Rakor yang mengikutsertakan para Bupati dan Walikota se Riau dapat mencari solusi dan kesepakatan terkhusus Kabupaten Rohil yang sampai saat ini masih ada ilegal fishing yang sering terjadi di perbatasan perairan Riau dan Sumatera Utara.

“Begitu juga dengan masalah lahan perkebunan sawit dan karet mengenai hasil komoditi dan batas lahan nya serta mengenai infrastruktur. Mudahan-mudahan dengan adanya Rakor ini apa yang jadi persoalan dilapangan bisa dicarikan solusi dan kesepakatan kedepannya,” sebutnya.

Rakor yang dipimpin oleh Wamendagri John Wempi Wetipo serta Staf Ahli Bappenas

Juga dihadiri oleh  para Gubernur se Sumatera mulai dari Gubernur Aceh, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Kepri, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Jambi, Gubernur Lampung, Gubernur Bengkulu serta Gubernur Bangka Belitung.

Pos terkait