Bupati Rohil Kukuhkan 2294 Satlinmas  Pengamanan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024

Kukuhkan 2294 Satlinmas  Pengamanan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024

Beritatrends, Rohil ––  Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong kukuhkan secara simbolis 2294 Satuan Perlindungan Masyarakat ( Satlinmas ) pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Rokan Hilir tahun 2024, Kamis (12/9/2024) di Gedung Misran Rais Jalan Utama Bagansiapiapi Rohil Provinsi Riau.

Prosesi pengukuhan Linmas diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya disusul dengan tari persembahan serta pemutaran sekilas dokumenter berdirinya Satlinmas Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan janji Satlinmas lalu  pembacaan naskah pengukuhan serta penandatangan berita acara naskah pengukuhan oleh Bupati Rohil.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya 2294 Satlinmas pengamanan Pilkada Rohil Tahun 2024 yang dibentuk dari setiap Kepenghuluan dan Kelurahan se-Kabupaten Rokan Hilir.

” Tentunya atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan selamat kepada  semua Satlinmas yang baru saja dikukuhkan. Semoga 2294 Satlinmas yang dibentuk dari setiap kepenguhuluan ini dapat melaksanakan tugas dengan baik dan bertanggung jawab terhadap kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 ,” kata Afrizal Sintong.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Satpol PP menyiapkan Satlinmas yang mapan dan bertanggung jawab untuk ditugaskan sebagai salah satu garda terdepan dalam menjaga keterangan dan ketertiban serta perlindungan masyarakat khususnya bagi pemilih yang datang di TPS.

Dalam melaksanakan tugasnya, Satlinmas terang Bupati harus paham dan mengerti aturan pelaksanaan Pilkada di TPS  serta mampu  menghitung cepat ketika penghitungan suara sudah selesai dilaksanakan pihak KPPS.

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan dikukuhkannya 2294 Satlinmas yang tersebar di 18 Kecamatan mampu bekerja dengan baik dan bertanggung jawab serta kompak dalam menjaga kantibmas pada pelaksanaan Pilkada Tahun 2025 nanti,” terang Bupati.

Baca Juga  Optimalisasi Pajak Daerah, Bapenda Madiun Gelar Forum Konsultasi Publik

Lanjutnya,” saya berharap anggota Satlinmas dapat berkoordinasi dan bekerjasama dengan TNI -Polri serta penyelelenggara Pilkada dalam menjaga keamanan, ketertiban umum serta mencegah tindakan kriminal  serta gangguan kantibmas lainnya,” harapnya.

Pada Pilkada serentak 27 November 2024 nanti terang Afrizal Sintong akan ada 516 Kabupaten/Kita serta 38 Provinsi seluruh Indonesia yang akan melaksanakan pilkada serentak. Untuk itu kepada seluruh anggota satlinmas Ia berpesan agar dapat menciptakan situasi kondusif ditengah masyarakat agar aman dan tenteram dalam menghadapi tahun politik saat ini. Harus selalu tanggap menghadapi setiap situasi serta dapat mengedepankan tugas sebagai Linmas.

“Sebagai satuan perlindungan masyarakat diharapkan juga bisa mengayomi, bisa memberi pengarahan kepada masyarakat dalam tata cara pemilihan tentunya nanti supaya Pilkada di tahun 2024 ini yang terpilih adalah putra terbaik Rohil pilihan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Rohil Syafnurizal dalam laporannya menyampaikan bahwa pengukuhan Satlinmas ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor: 540/SATPOLPP.LINMAS/2024 tentang pengukuhan Satlinmas di Kepenghuluan dan Kelurahan Se-Kabupaten Rokan Hilir untuk penugasan pengamanan langsung TPS pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

” Adapun tujuan pelaksanaan pengukuhan Satlinmas ini sebagai tindak lanjut surat edaran Mendagri tentang penjagaan stabilitas dalam rangkaian Pilkada serentak tahun 2024 dimana Satpol PP daerah diperintah kan untuk membentuk satlinmas yang ditugaskan pada pengamanan langsung di setiap TPS yang tersebar di Kabupaten Hilir untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum selama pelaksanaan Pilkada serentak,” kata Syafnurizal

Selain itu terangnya Satlinmas agar dapat menjalin komunikasi dan memberikan informasi dengan instansi terkait dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban umum. Dimana anggota Satlinmas merupakan  masyarakat yang diusulkan dari pihak Kecamatan melalui tiap Kepenghuluan dan kelurahan se Kabupaten Hilir berdasarkan kriteria sesuai yang diamanatkan Kemendagri Nomor 26 tahun 2020.

Baca Juga  Pesan Wabup Rohil kepada BPKep, Harus Akur dan Saling Merangkul

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kepenghuluan/Kelurahan serta Kecamatan Se-Kabupaten Rokan Hilir yang telah mendata sebanyak 1.147 TPS dengan jumlah anggota Satlinmas yang berhasil dikumpulkan sebanyak 2294 orang.,” terangnya.

Hadir pada acara selain Bupati Rohil Afrizal Sintong juga dihadiri Asisten I Ferry H.Parya, Asisten III Syamsuri, Ketua MKA LAM Rohil Datuk Sri Nasrudin Hasan, Kasatpol PP Syafnurizal, Kepala BKPSDM, Kepala OPD lainnya serta 2294 orang Satlinmas yang dikukuhkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *