Cek Oplah Di Desa Labuhan Ratu Lamtim, Danrem 043/Gatam Berharap Akhir Bulan Juli Pengerjaan Dapat Terselesaikan 100 Persen

Beritatrends, Lampung – Didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 043 PD II/Swj Ny. Hanny Rikas Hidayatullah, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., beserta rombongan, Selasa (23/07/2024) usai memberikan pengarahan kepada Prajurit dan anggota Persit Kodim 0429/Lamtim, langsung menuju lokasi Oplah yang berada di Desa Labuhan Ratu VII, Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur.

Danrem mengucapkan terima kasih atas pencapaian sasaran Oplah sampai dengan saat ini, Danrem juga berharap pada akhir bulan Juli ini, pengerjaan Oplah dapat terselesaikan mencapai angka 100 %, kita harus optimis bahwa pekerjaan semua bisa selesai dengan bantuan para sahabat tani.

Di kesempatan itu juga Danrem 043/Gatam menekankan pentingnya transparansi kepada pemegang proyek, dengan memasang plang foto-foto kondisi irigasi sebelum dan sesudah pengerjaan, agar publik dapat mengetahui kondisi saluran-saluran air sebelumnya hingga selesai dengan optimal.

“Kegiatan Oplah (Optimalisasi Lahan) ini merupakan program dari pemerintah pusat yang sangat penting untuk Percepatan Areal Tanam (PAT), sehingga para petani akan bisa meningkatkan hasil panennya, yang pada akhirnya kesejahteraan petani akan meningkat pula,“ tuturnya.

Selanjutnya Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., memeriksa beberapa titik lokasi proyek optimasi saluran irigasi sepanjang 6.140 meter di Desa Braja Asri, Labuhan Ratu Baru, dan Labuhan Ratu VII, Kabupaten Lampung Timur, pengerjaan secara total telah mencapai 67,56%, sedangkan untuk PAT sudah mencapai 47,89%, dengan harapan produksi panen ratusan petani dapat maksimal.

“Selain itu, pengerukan dan pelebaran saluran sungai sepanjang lebih dari 6,1 kilometer diharapkan dapat menjadi solusi penangkal banjir saat musim hujan, memungkinkan aliran air dari hulu ke hilir berjalan lancar tanpa menggenangi sawah, dengan dilebarkan menjadi 5 meter dan kedalaman 1,5 meter arus air dapat berjalan dengan lancar dan tidak meluap ke area persawahan,” pungkasnya.

Baca Juga  Arus Balik Lancar, Kapolres Simalungun Pimpin Pengaturan Arus Lalu Lintas Sampai Larut Malam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *