Danrem 043/Gatam Bersama Pangdam II/Swj, Dampingi KASAD Resmikan Monumen Perjuangan CPM Kompi C Batalyon Garuda

Danrem 043/Gatam Bersama Pangdam II/Swj, Dampingi KASAD 

Beritatrends, Lampung – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., bersama Pangdam II/Swj Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr(Han)., mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., meresmikan Monumen Perjuangan CPM Kompi C Batalyon Garuda yang berada di Jl. Kapten Cpm Suratno Rt. 003, Rw. 002, Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Rabu (5/6/2024).

Monumen Perjuangan CPM Kompi C Batalyon Garuda dibangun sebagai penghormatan dan mengenang perjuangan kesatuan Polisi Tentara (PT) yang diresmikan oleh Gubernur Lampung Letjen TNI (HOR) (Purn) Poedjono Pranyoto pada tanggal 19 Juni 1988, di Desa Panggungrejo Lampung Selatan saat itu (sekarang Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu).

Di kesempatan tersebut KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan Monumen Perjuangan Korps Polisi Militer, mengingatkan kita bahwa konsep pertahanan kita adalah perlawanan rakyat semesta, berjuang bersama rakyat.

“Kita perlu berpikir bagaimana sesepuh kita dahulu di tahun 40-an sampai 50-an sudah berpikir bahwa kita hampir tidak mungkin membuat pertahanan-pertahanan pada sistem perbatasan dikarenakan luasnya Indonesia, pada saat itu senior-senior kita sudah memutuskan untuk mempunyai konsep pertahanan rakyat semesta dan konsep itu masih berlaku sampai dengan sekarang dan mungkin ke depan,“ terangnya.

Selanjutnya KASAD menegaskan bahwa monumen-monumen seperti ini sangat penting, untuk mengingatkan kita bahwa kita harus berjuang dengan masyarakat secara internal, kita harus ingatkan bahwa seluruh Korps di Angkatan Darat ini punya kewajiban untuk siap mempertahankan negara dan bangsa kita untuk berjuang bersama masyarakat secara eksternal.

“Menghadapi El Nino yang cukup parah dan juga akan bersambung ke musim kemarau yang cukup panjang, kami berharap kita semua dapat bekerja sama agar masyarakat bisa semaksimal mungkin untuk mendapatkan air bersih, dunia sudah menyepakati bahwa air bersih dapat untuk mengatasi permasalahan tentang kemiskinan dan stunting, mulai dari air bersih, kita akan tingkatkan bersama dengan Menteri Pertahanan dan Menteri Pertanian untuk bersama-sama mengatasi semua permasalahan,“ pungkasnya.

Baca Juga  Insan Pers dan LSM Punya Peran Penting Mengawasi Pembangunan

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Pangdam II/Swj, Para Asisten Kasad, Ws. Danpuspomad, Kapolda Lampung, Danrem 043/Gatam, Kadispenad, Forkopimda Kab Pringsewu dan Para sesepuh Puspomad dan tamu undangan lainnya.

Pos terkait