Deklarasi ODF di Desa Bilayuk

Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan hadiri Deklarasi ODF di Desa Bilayuk

Beritatrends, Landak – Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan hadiri deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan di Desa Bilayuk, Kecamatan Mempawah Hulu, Senin (26/07/2024).

Dalam sambutannya Pj. Bupati Gutmen Nainggolan menyampaikan dengan penuh rasa hormat dan kebahagiaan, menyaksikan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan di Desa Bilayuk.

“Ini merupakan suatu pencapaian yang patut kita syukuri bersama, karena mencerminkan kesadaran dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat Desa Bilayuk dalam membangun lingkungan yang bersih dan sehat,” ungkapnya.

Gutmen menjelaskan dalam perjalanan panjang menuju status ODF ini, telah mengalami berbagai tantangan dan rintangan. Namun, berkat kerjasama yang kuat antara pemerintah, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat, berhasil mengatasi setiap hambatan.

“Saat ini, kita dapat dengan bangga menyatakan bahwa kita telah mencapai tujuan bersama untuk mengakhiri praktik buang air besar sembarangan,” jelasnya.

Menurut Gutmen keberhasilan ini menunjukkan bahwa kebersihan lingkungan bukanlah tanggung jawab satu pihak, melainkan tugas bersama.

“Oleh karena itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mempertahankan prestasi ini. Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya sanitasi yang baik, bukan hanya sebagai kebutuhan fisik tetapi juga sebagai investasi dalam kesehatan dan kesejahteraan kita bersama,” ujarnya.

Terakhir dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Landak mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Semoga keberhasilan lingkungan yang diraih hari ini menjadi awal dari perubahan positif lainnya dalam masyarakat.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan meneruskan semangat kebersamaan ini untuk pembangunan yang lebih baik kedepannya,” tutupnya.

Baca Juga  Pj. Bupati Landak Hadiri Acara Peluncuran Siskeudes Online

Acara dilanjutkan dengan penyerahan makan bergizi untuk ibu hamil dan serta serta bahan makanan bergizi ke para kader posyandu.

Hadir dalam kegiatan Wakil Ketua DPRD Landak, Kadis Kesehatan Landak, Kadis PMPD Landak, Plt. Kadis SP3AKB Landak, Forkopimcam, dan Kepala Desa Bilayuk beserta perangkatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *